oleh

Inilah Urutan Elektabilitas Caleg DPR RI Dapil IX Jatim, Hasil Survey Y – Politica

-POLITIK-7.974 views

SURABAYA. Netpitu.com – Lembaga Survei Y-Publica merilis hasil surveynya terhadap calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR ) RI. Survey dilakukan pada rentang waktu 4 -13 Februari 2019, di Daerah Pemilihan Jatim IX dengan jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan.

“Sampel dipilih secara acak bertingkat (multistage random). Dalam survey ini margin of error sebesar 3,5% pada tingkat kepercayaan 95 persen,” ujar Direktur Eksekutif Y Publica Rudi Hartono dalam keterangan rilisnya, Senin (25/2).

Hasil survey menyebutkan, elektabilitas calon paling kuat menduduki kursi DPR RI adalah politisi partai Golkar, Haeny Relawati, mantan Bupati Tuban, dengan prosentase tingkat keterpilihan 12,3 persen.

Meski dalam survey elektabilitas partai sebelumnya, PKB menduduki peringkat pertama sebagai partai paling banyak dipilih, namun Caleg PKB yang ditempatkan sebagai Cakeg DPR RI, Farida Hidayati, hanya menempati urutan kedua setelah Haeny Relawati, dengan prosentase 10,8 persen.

Baca Juga :  Kisruh PAC, Mantan DPC PDIP Ingatkan Kader Jaga Soliditas Partai

Urutan ketiga ditempati Caleg Demokrat, Didik Mukriyanto, yang dengan prosentase 9,3 persen. Kemudian Caleg DPR RI diurutan ke empat, Wihadi Wiyono, denhan prosentase 8,4 persen.

J. Urip Utomo, calon legeslatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ), mengungguli elektabilitas Caleg DPR RI dari partai PDIP lainnya, dengan perolehan 7,5 persen, J. Urip Utomo, menempati urutan kelima, eletabiluras Caleg DPR RI Dapil IX Jatim.

Sedangkan Caleg petahana, Abidin Fikri, elektabilitasnya menempati urutan ke delapan dengan prosentase 4,3 persen.

Banner IDwebhost

Caleg PKB lain yang diperkirakan bakal lolos ke kursi DPR RI, dalam saringan Pemilu 2019, adalah Ratna Juwita, dengan elektabilitas mencapai 6,8 persen. Ratna Juwita menduduki posisi ke enam.

Yang menarik, dalam kontestasi Pemilu legeslatif tingkat pusat ini adalah hadirnya Suyoto, yang mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI dari partai Nasdem.

Baca Juga :  Pasca Dilantik Ketua DPC PDIP Abidin Fikri Langsung "Gas Pol" Mesin Partai

Suyoto yang diketahui memiliki massa di basis organisasi keagamaan Muhammadiyah ini menempati posisi ke tujuh dengan ekektabilitas mencapai 5,1 persen, mengalahkan Caleg petahana Abifin Fikri, Setya W. Yudha dan Lukmanul Khakim.

Posisi ke delapan diduduki Abidin Fikri, denhan prosentase 4,3 persen. Sedangkan Setya W. Yudha dari partai Golkar menduduki peringjat ke sembilan, dengan prosenrase mencapai 3,1 persen.

Sementara posisi Caleg dari Partai Amanat Nasional ( PAN ) Agus Maimun, hanya nenempati posisi 12 dengan elektabikitas mencapai 1,8 persen.

Sedangkan mantan Wakil Bupati Bojonegoto, asetyo Hartono, yang mencalonkan diri sebagai anggota DaR RI dari PDIP, mendudukimposisi 10, dengan tingkat elektabilitas mencapai 2,6 persen.

Berikut ini urutan elektabilitas Caleg DPR RI di Dapil IX Jatim, meliputi 2 Kabupaten, Tuban dan Bojonegoro.

Baca Juga :  16 Cakades Tidak Hadiri Deklarasi Pilkades Damai Kecamatan Soko, Tuban

1.Haeny Relawati R W 12,3% (Golkar)
2.Farida Hidayati 10,8% (PKB)
3.Didik Mukrianto 9,3% (Demokrat)
4.Wihadi Wiyanto 8,4% (Gerindra)
5.J. Urip Utomo 7,5% (PDI P)
6.Ratna Juwita Sari 6,8% (PKB)
7.Suyoto 5,1% (Nasdem)
8.Abidin Fikri 4,3% (PDI P)
9.S W Yudha 3,1% (Golkar)
10.Setyo Hartono 2,6% (PDI P)
11.Lukmanul Khakim 2,1% (PKB)
12.Agus Maimun 1,8% (PAN)
13.Basuki 1,4% (Gerindra)
14.Joko Purwanto 1,0% (Golkar)
15.Suprapto 0,8% (PKS)
16.L H Hapsari Koeswoyo 0,6% (PDI P)
17.Thessa Kaunang 0,5% (Nasdem)
18.Hadi Tugur 0,3% (Nasdem)
19.Sugeng Bahagijo 0,3% (PKB)
20.Liring Duhita 0,3% (Perindo)
21.Lainnya 2,1%
22.Tidak Menjawab/Belum Memutuskan 19,0%

(*/ams)

Bagikan :