Gotong Royong Hijaukan Hutan Dengan Tanaman Kayu Putih

- Tim

Minggu, 5 Januari 2020 - 20:36

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gotong royong hijaukan hutan dengan tanaman kayu putih di wilayah hutan KPH Padangan

Gotong royong hijaukan hutan dengan tanaman kayu putih di wilayah hutan KPH Padangan

Gotong Royong Bersama 2000 Bibit Setengah Hari Rampung Ditanam

BOJONEGORO. Netpitu.com – Lokasi petak 21 c, RPH Donan, BKPH Tobo, KPH Padangan, Divisi Regional Jawa Timur, Jum’at, (03/01/2020) telah menjadi tempat sejarah bersinerginya TNI, Polri, Perum Perhutani, masyrakat desa sekitar hutan (LMDH), Saka Pramuka melakukan secara bersama-sama menanam 2000 plances bibit pohon kayu putih dalam sehari selesai.

“Baru setengah hari sebelum sholat Jum’at sudah rampung karena semua yang terlibat disini begitu bersemangat dan kompak,” tuturnya Waka Administratur Sub KPH Padangan Timur, Yeni Ernaningsih S.Hut saat ditemui netpitu.com. yang mewakili Administratur/KKPH Padangan yang.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sedianya Administratur KPH Padangan berkeinginan turut hadir di momen bagus tersebut. Dikarenakan dia masih menjalankan tugas rapat dinas di luar kota jadi diwakilakan oleh Waka Adm Padangan Timur.

Baca Juga :  Porprov Jatim di Bojonegoro Diawali Pengambilan Api Dari Kahyangan Api

Yeni Ermaningsih menjelaskan bahwa penanaman pohon kayu putih bersama Forpimka Purwosari ini merupakan wujud sinergi kebersamaan lintas sektoral. Tujuannya agar semua pihak turut terlibat pelestarian atau berupaya menghijaukan kembali lingkungan sekitarnya, termasuk kawasan hutan sekitar. Sehingga kelak akan tercipta selalu cinta hutan dan lingkungan, jadi bukan hanya tanggung jawab Perum Perhutani saja.

“Hutan adalah bagian dari unsur sumber kehidupan atau kelangsungan semua mahluk hidup. Oleh karena itu keberadaan hutan perlu sekali kita semua ikut ambil bagian untuk sama-sama menjaga dan melestarikannya” jelasnya.

Dipilihnya lokasi petak 21 c ini karena aksesnya relatif mudah dijangkau. “Sekarang ini musim penghujan identik musim tanam. Untuk reboisasi di petak 21 c, luasnya 10 hektar,” papar Asper Tobo, Supriyono ikut menimpali.

Baca Juga :  Ny. Narty Suprianto, SE, Serahkan Paket Batuan Pada Keluarga Miskin

Lokasi ini adalah wilayah pangkuan RPH Donan, BKPH Tobo, akan tetapi secara administratif pemerintah desa masuk wilayah Desa Donan, Kecamatan Purwosari, bukan Kecamatan Padangan.

Waka Adm menambahkan, peserta yang ikut kegiatan menanam bersama ini jumlahnya lumayan banyak karena tidak hanya dari Perum Perhutani saja yang jumlahnya 41 personil,. Dari golongan anak-anak muda yang tergabung Pramuka Saka Wana Bhakti KPH Padangan 15 personil secara suka rela ikut bergabung.

“Kelompok Tani Hutan Desa Luwihaji dari Kecamatan Ngraho, juga hadir sebanyak 7 orang, Ketua, pengurus dan beberapa anggota LMDH Sido Makmur, Desa Donan, Kecamatan Purwosari, 7 orang juga langsung melibatkan diri. Kapolsek Purwosari bersama 6 personil tiba-tiba juga ikut nimbrung datang bersama Danramil dengan membawa 3 personil. Yang cukup mengejutkan beberapa insan pers dari berbagai media massa juga bergabung langsung mengambil bagian sedikitnya puluhan bibit ditanam di lokasi penanaman,” paparnya.

Baca Juga :  Pastikan Tepat Sasaran, Wabup Tuban Pantau Penyaluran BST Di Semanding

Kapolsek Purwosasi, AKP Yaban, SE, dengan adanya kegiatan penanaman ini menurutnya sangat mendukung adanya program reboisasi ini. Karena hal ini juga sesuai dengan program yang telah dikeluarkan oleh Kapolri soal Polri Peduli Penghijauan.

Demikian juga Danramil Purwosari, Kapten Panidi, juga mendukung adanya kegiatan reboisasi ini. Bahkan dia berharap bukan reboisasi di hutan saja, tetapi di lahan-lahan milik pribadi warga bila ada yang kosong bisa untuk ditanami. “Sangat membanggakan Prajurit TNI dapat meleburkan diri jiwa keprajuritan turut menurunkan pemanasan global warming,” cetusnya.

(met)

Berita Terkait

Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media
Pameran Bonsai Dan Edukasi Bonsai di MCM

Berita Terkait

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Jumat, 17 November 2023 - 09:13

Bawaslu RI Gelar Sidang Laporan Anwar Sholeh, Soal Penetapan DCT DPR, Anna Mu’awanah

Rabu, 26 April 2023 - 19:32

DPC PPP Bojonegoro Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:09

DPD Golkar Bojonegoro Minta Airlangga Hartarto Segera Deklarasikan Diri Sebagai Capres 2024

Berita Terbaru

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00