oleh

200 Kader Kesehatan se Kabupaten Tuban Ikuti Jambore Posyandu

-GOODNEWS-68 views

TUBAN. Netpitu.com – 200 Kader Posyandu tingkat Kabupaten Tuban tahun 2019 mengikuti Jambore yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Kamis (04/07/2019) di Salah satu Resto di Jl. Basuki Rahmad Tuban.

Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan, dan Pembangunan, drh. Kartono, mengatakan bahwa Kader Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan yang menjadi kepanjangan tangan Puskesmas.

“Karenanya kader Posyandu menjadi elemen penting dalam sistem penyelenggaraan pelayanan kebutuhan kesehatan dasar,” lanjutnya.

Keberhasilan Posyandu sebagai wahana alih informasi dan olah keterampilan bergantung pada kinerja masyarakat, terutama kadernya.

Hal tersebut ditunjang dengan sarana yang digunakan serta petugas kesehatan sebagai pengelola program. Selain itu, kader perlu mendapat dukungan dari pengampu kepentingan di tingkat yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Hari Terakhir MTQ Jatim Kafilah Tuban Berikan Kejutan Prestasi

“Mengingat persoalan stunting dapat mengganggu produktifitas nasional dan mengancam masa depan generasi muda,” terang drh. Kartono dalam sambutanya.

Banner IDwebhost

Terkait dengan tema yang diangkat, drh. Kartono menyatakan perlu upaya signifikan untuk menanggulangi stunting dengan memprioritaskan kegiatan intervensi spesifik dan intervensi sensitive pada 1000 hari pertama kehidupan bayi hingga usia 6 tahun. Karenanya aparatur desa dapat menyusun sejumlah kegiatan terkait penanganan stunting melalui Anggaran Dana Desa (ADD).

“Kami berpesan bahwa perlombaan diadakan bukan ditujukan hanya untuk memperoleh prestasi. Lebih dari itu, diharapkan adanya peningkatan kualitas pelayananan terutama terkait promotif dan preventif untuk mencegah meningkatnya kematian dan kesakitan,” harapnya kepada netpitu.com.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo dalam laporannya menyebutkan kegiatan jambore kader ini bertujuan untuk memberi penghargaan.

Baca Juga :  Kenakan Kaos Merah Wabup Budi Irawanto Buka Festival Jazz Bengawan

Selain itu, juga sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan serta menambah pengalaman kader.

Diharapkan akan terbentuk kader-kader unggul penuh inovasi untuk menyelenggarakan kegiatan posyandu.

“Sehingga meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat bisa optimal,” tuturnya ke media ini.

Bambang Priyo juga menambahkan pada akhir tahun 2018 jumlah Posyandu di Kabupaten Tuban sebanyak 1432 dan jumlah taman Posyandu sebanyak 354. Sedangkan jumlah kader posyandu mencapai 6757 orang dengan komposisi kader terlatih sebesar 83,65 persen.

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Tuban bersama Ketua DWP Kabupaten Tuban menyerahkan trofi dan penghargaan kepada juara Taman Posyandu se-kabupaten Tuban.

Juara 1 diraih Taman Posyandu desa Kebonagung, Rengel; Juara 2 diperoleh Taman Posyandu Melati desa Wadung, Jenu; dan Juara 3 didapat Taman Posyandu Lili desa Sembungrejo, Plumpang.

Baca Juga :  Wabup Terkenang Corolla DX-nya di Gathering Corrola Classic

Sejumlah perlombaan yang diadakan pada Jambore Kader Posyandu tahun 2019 diantaranya: Succes Story Lomba Taman Posyandu; Pembuatan Majalah Dinding; Kompetisi Vlog; dan Pembuatan APE Penyuluhan Pencegahan Stunting.

Selain Staf Ahli Bupati, turut hadir pada kegiatan ini Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Ketua DWP Kabupaten Tuban, Kepala Dinkes Tuban. Adapun tema yang diangkat berupa

“Optimalisasi Kapasitas Kader dalam Pencegahan Stunting Melalui Jambore Kader Posyandu, ” katanya.

(met)

Bagikan :