oleh

Grebeg Berkah Sumur Pitu Refleksi Budaya Guyub Rukun

-GOODNEWS-74 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Sebanyak 17 Gunungan dikirab keliling Desa Bakalan Kecamatan Kapas pada hari minggu (06/10/2019) dalam acara Grebeg Berkah Sumur Pitoe yang merupakan tradisi turun temurun yang selalu diadakan oleh masyarakat desa setempat.

“Acara ini selalu diadakan oleh masyarakat Desa Bakalan setiap tahunnya sebagai rasa puji syukur dan untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia”, kata Kepala Desa Bakalan, Listiono.

Baca Juga :  Dua Buron Komplotan Penjahat Asal Sumatera Ditembak di Bojonegoro

Listiono mengatakan, Acara Grebeg Berkah Sumur Pitoe tahun ini diperingati dengan 17 Gunungan Hasil Bumi yang diarak keliling Desa Bakalan Kecamatan Kapas yang diikuti seluruh Perangkat Desa beserta BPD, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna dan perwakilan RT/RW.

“Tujuan Grebeg Berkah Sumur Pitoe yang diadakan oleh Desa Bakalan adalah untuk mewujudkan masyarakat guyub rukun terus membangun menuju Desa Bakalan Bersahaja”, terang Kades Bakalan.

Baca Juga :  Bupati Huda Berangkatkan Kafilah Bumi Wali Ke MTQ Jatim

Kades Bakalan menambahkan, setelah 17 Gunungan Hasil Bumi diarak keliling Desa Bakalan, semua Gunungan akan digerebek oleh warga desa masyarakat yang mengikuti kirim Gunungan dalam Grebeg Berkah Sumur Pitoe.

“Untuk acara Grebeg Berkah Sumur Pitoe pada tahun depan akan diadakan lebih meriah lagi”, pungkas Kades Bakalan Kecamatan Kapas, Listiono.

(Pur)

Banner IDwebhost

Bagikan :