oleh

Eksotisme Pantai Sowan Tuban Bikin Betah Wisatawan

-NETSIANA-179 views

TUBAN. Netpitu.com – Pantai Sowan Tuban merupakan salah satu lokasi wisata dengan obyek utama berupa pantai pasir putih yang alami dengan pemandangan landscape laut.

Kawasan wisata pantai yang dikelola oleh Perum Perhutani ini, memiliki luas pantai wanawisata sekitar 17 hektar dengan ciri khas hamparan pasir yang putih dan bersih.

Tentu bukan hanya pasir putih itu saja yang bisa dinikmati di pantai Sowan. Di sana juga terdapat pemandangan alam sekitar yang berupa hamparan rumput dan hutan trembesi, serta dinding karang yang menjorok ke laut.

Pemandangan itu mengesankan alam yang masih “perawan” yang mampu memanjakan mata wisatawan.

Pengelola wisata ini juga masih mempertahankan alaminya pepohonan pantai. Di daerah sekitar pantai terdapat hamparan hutan dari pohon jennis rimba yaitu Akasia, Klampis, dan Mahoni.

“Pepohonan itu menjadikan hawa sejuk di tengah semilirnya angin pantai. Sehingga, wisatawan yang berkunjung bisa dengan santai menikmati keindahan pantai dari bawah rindangnya pepohonan pantai. Inilah eksotisme pantai Sowan yang tidak dimiliki pantai lain, ” papar Panca Sihite, Adm Perhutani KPH Jatirogo kala ditemui netpitu.com, Jum’at, (07/06/2019).

Baca Juga :  Ayo Dukung Petisi Tolak Pembangunan Jalan Nasional Dengan APBD

Hamparan pepohonan alam dan hembusan angin di Pantai Sowan ini juga memberikan sentuhan relaksasi yang maha dahsyat. Karena meski cuaca panas dan sinar terik matahari mengumbar di bumi, pantai Sowan tetap memberikan kesejukan dan kenyamanan yang luat biasa.

Banner IDwebhost

Maka, tak heran jika banyak muda-mudi yang memilih pantai ini sebagai tempat bersantai-ria, terutama di hari liburan lebaran sekarang ini.

“Untuk menambah daya tarik pengunjung, kami telah bangun sebuah wahana mainan berupa sepeda dan karpet terbang,” ungkapnya.

Selama liburan lebaran h+1 hingga sekarang menurut catatan dari manager wisata atau pengelola wisata ini menyebutkan jumlah pengunjung hingga mencapai 2.567 orang. “Kemungkinan jumlah tersebut bisa naik lagi, mengingat moment liburan anak sekolah masih agak lama,” kata Eko Sembodo ke media ini.

Menurutnya pengaruh jumlah pengunjung bertambah dipengaruhi oleh adanya wahana baru itu. Disamping itu pula masih kata Eko, harga tiketnya masih relatif murah.

“Murah koq mas, dengan bayar Cuma Rp. 15 ribu kita bisa menikmati hamparan pohon-pohon itu dan indahnya pantai,” ujar Dita, (27), pengunjung yang berasal dari Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro ketika diwawancarai media ini usai turun dari Karpet Terbang.

Baca Juga :  DPRD Tuban Apresiasi Kinerja Pemkab Dapat 5 Kali Opini WTP Dari BPK

Wahana mainan baru berupa Sepeda Terbang (flying cycle) dan Karpet Terbang (flying carpet) yang dibangun Perhutani ini dibangun dengan ketinggian sekitar 8 meter dan memiliki panjang sekitar 20 meter.

Perlu diketahui lokasi Pantai Sowan terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, lebih tepat berada di tepi jalur Pantai Utara. Secara administratif, Wanawisata Pantai Sowan ini berada di Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Dulunya, lokasi ini merupakan Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Bancar.

Perjalanan menuju Sowan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan umum. Kalau dari Kabupaten/Kota Tuban dan juga Kabupaten Rembang, jaraknya kira-kira 40 km. Jadi persis ditengah-tengah ke dua kota tersebut.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, untuk mencapai lokasi Wanawisata Pantai Sowan sejauh 40 km dari Tuban itu memang cukup jauh, tetapi jarak itu bisa ditempuh dengan mudah. Sebab, kendaraan umum yang menuju lokasi wanawisata itu cukup mudah didapat.

Baca Juga :  Wabup Tuban Resmikan Media Centre Proprov Jatim 2019

Ya, hal itu karena lokasi Wanawisata Pantai Sowan berada tak jauh dari jalur Pantura, tepatnya di Jalan Raya Semarang – Surabaya, dan banyak angkutan umum yang melewatinya. Baik bus jurusan Surabaya-Semarang maupun kendaraan kecil lainnya. Ongkos kendaraan pun cukup terjangkau.

Dari Tuban ongkosnya kurang lebih Rp 7.000,- dan bisa berhenti persis di depan jalan masuk di lokasi. Aksesibilitasnya sangat mudah karena jarak dari pinggir jalur pantura, tempat turunnya penumpang dari kendaraan umum, menuju pintu gerbang lokasi kira-kira hanya 100 meter saja.

Selain pesona pantai yang alami dan menawan, wanawisata ini juga punya potensi sumber daya alam berupa vegetasi yang beraneka ragam. Diantara vegetasi tersebut adalah Mahoni, Jati, Akacia, Klampis, Kesambi, Trembesi, Mimbo, Ketapang, Randu, Jaranan, Srikaya, Mangga, Kawis, Asem, Waru, Lamtoro, Penitian Pakis, Sonokeling, Jambu.

(met)

Bagikan :