oleh

Megawati Kembali Terpilih Jadi Ketum PDIP Yang Ke 5 Kalinya

-POLITIK-76 views

BALI. Netpitu.com – Megawati Soekarnoputri terpilih kembali sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P), untuk yang kelima kalinya.

Pemilihan ketua umum PDIP dilakukan melalui mekanisme musyawarah tanpa voting saat Kongres ke V PDI-P di Hotel Inna Grand Bali Beach 8-11 Agustus 2019.

Penetapan Megawati sebagai ketua umum dilakukan secara tertutup dalam Kongres V PDI-P di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019).

Putri Presiden pertama RI Soekarno itu akan memimpin partai berlambang Banteng moncong putih lima tshun ke depan ( 2019 – 2024).

Terpilihnya Megawati sebagai Ketum PDIP menurut Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto, karena sebagian besar kader masih menginginkan Megawati Soekarnoputri kembali menjadi ketua umum partai.

Dikatakan Hasto, kepemimpinan Megawati selama ini sangat diterima di arus bawah. Sebab putri dari Presiden Soekarno itu dinilai sebagai sosok pemimpin yang visioner dan mampu mementingkan kepentingan organisasi di atas kepentingan pribadi.

Baca Juga :  NasDem Bojonegoro Tetap Jagokan Surya Paloh di Kongres ke-2

Sebelumnya Megawati Sukarno Putri telah menjadi ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan empat kali periode berturut-turut sejak partai tersebut didirikan pada 1999 silam.

Banner IDwebhost

Pembukaan Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang digelar di Bali, Kamis (8/8/2019) ini dihadiri sejumlah elite partai politik dan pejabat negara setingkat menteri.

Hampir seluruh ketua umum partai politik pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin hadir. Kecuali Muhaimin Iskandar, ketua umum PKB.

Diantara yang tampak kehadiranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Oddang.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Tuban Janji Fasilitasi Kebutuhan Pupuk Subsidi Petani Hutan

Sedangkan Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Hanif Dhakiri datang mewakili Muhaimin Iskandar. Belum diketahui mengapa pria yang kerap disapa Cak Imin ini tak datang.

Kongres ke V PDIP ini juga dihadiri Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Selain itu juga tampak hadir Sekjen Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno.

Selain itu, sejumlah tokoh lain juga hadir dalam Kongres V PDI-P, seperti wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin, Ketua DPR Bambang Soesatyo, eks Ketua BIN A.M. Hendropriyono, dan eks Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md.

Beberapa menteri kabinet terlihat ada Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

Baca Juga :  Datang ke Bojonegoro Hasto Gelar Rapat Kader PDIP

Hadir pula Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dalam Kongres V PDI-P.

Sejumlah kader PDI-P yang menjadi kepala daerah juga tampak hadir seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan juga mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kini sudah menjadi kader partai yang pada Pileg 2019 bernomor urut 3 tersebut.

(*/ro)

Bagikan :