oleh

Siapkan Generasi Unggul Bupati Tuban Canangkan Gemarampai

-GOODNEWS-17 views

TUBAN. Netpitu.com – Bupati bersama Wakil Bupati Tuban mencanangkan Gerakan Makan Telur dan Minum Susu Bagi Putra-Putri Indonesia (Gemarampai) Kabupaten Tuban tahun 2019, di lapangan 17 Agustus Kecamatan Bangilan, Rabu (09/10/2019).

Dalam pencanangan Gemarampai ini turut hadir sejumlah pimpinan OPD terkait, Camat dan Forkopimka Bangilan, dan diikuti siswa TK/RA dan wali siswa se-Kecamatan Bangilan.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda memberikan apresiasi setinggi-tingginya penyelenggaraan Gemarampai. Kegiatan ini sekaligus Expose Pengolahan dan Pemasaran Produk Hasil Peternakan di Bumi Wali Tuban.

Lebih lanjut, Gemarampai menjadi stimulan dan pendorong bagi orang tua agar memberikan anak makanan cukup gizi. Hal ini selaras dengan program prioritas pemerintah dalam rangka penguatan sumber daya manusia (SDM). Penguatan SDM ini dapat meningkatkan pengelolaan potensi di Kabupaten Tuban.

Baca Juga :  Kades Ngampel : Satukan Energi Positif Rakyat Untuk Membangun Desa

“Sehingga memiliki generasi unggul yang dapat dimaksimalkan sumberdaya alam dengan baik meningkatkan ekonomi serta memajukan Kabupaten Tuban,” paparnya.

Menurutnya pembangunan SDM, lanjut Bupati, akan menjadi lebih bagus ketika dimulai sejak anak berumur 0-12 tahun. Pada umur tersebut, anak-anak dalam usia prioritas sehingga orang tua harus memberikan asupan makanan sehat dan bergizi.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menginstruksikan OPD terkait agar bersinergi dan memberikan sosialisasi terkait kecukupan gizi dengan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat.

Banner IDwebhost

“Bila perlu disediakan selabaran atau pamflet yang berisi berbagai alternatif menu makanan bergizi lengkap dengan kandungan gizinya, yang dapat dipilih untuk dimasak keluarga,” imbuhnya.

Baca Juga :  Semen Indonesia Raih Penghargaan dari PMI Tuban

Bupati menekankan agar kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, tetapi harus ada tindak lanjut pasca kegiatan. Pemkab Tuban nanti juga melakukan evaluasi terkait output dari kegiatan ini. Salah indikatornya adalah angka kecukupan gizi, tingkat konsumsi daging, susu, dan telur, serta penurunan penderita stunting.

Bupati Huda juga menerangkan, bahwa pemenuhan gizi bagi ibu dan anak akan menghindarkan potensi anak menderita stunting. Karenanya orang tua harus memahami jenis-jenis makanan bergizi yang dikonsumsi.

Baca Juga :  Sedekah Bumi, Warga Mliwis Putih Arak Tiga Gunungan

“Orang tua harus memahami mengenai makanan bergizi untuk anak. Sehingga anak tumbuh dengan sehat dan cerdas serta dapat membanggakan orang tua,” serunya.

(met)

Bagikan :