oleh

Hasil Survey SMRC Jokowi Maruf 54,9 Persen, LSI Denny JA Jokowi Maruf 58,7 Persen

JAKARTA. Netpitu.com  – Menjelang pelaksanaan Pemilu Presiden yang akan di gelar pada 17 April 2019 mendatang, Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei nasional elektabilitas pasangan Capres-Cawapres untuk Pilpres 2019, di Jalan Cisadane, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/3/2019).

Hasilnya, pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin elektabilitasnya unggul dengan perolehan 54,9 persen, sedangkan pasangan 02 Prabowo-Sandiaga 32,1 persen.

“Responden diberi pertanyaan ‘Jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa pasangan capres-cawapres yang akan dipilih?’. Hasilnya 54,9 persen responden menjawab Jokowi-Ma’ruf, 32,1 persen memilih Prabowo-Sandi, dan 13,0 persen menjawab tidak tahu,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani ketika memaparkan hasil surveinya.

Menurut Deni, walaupun 13 persen undecided voters memilih Prabowo-Sandi, pasangan Jokowi-Ma’ruf masih tetap unggul di atas Prabowo-Sandi. Dia juga mengatakan 87 persen calon pemilih sudah bersikap akan memilih Capres-Cawapres.

“Selisih keduanya 23 persen, bila 13 persen undecided semuanya ke Prabowo-Sandi, maka Jokowi-Ma’ruf masih unggul sekitar 6 persen,” katanya.

Survei dilakukan pada 24-31 Januari 2019 kepada 1.620 responden yang dipilih secara multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka.

Margin of error (MoE) dalam survei ini kurang-lebih 2,65 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Quality control hasil wawancara dilakukan secara random, sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor kembali mendatangi responden terpilih, dalam quality control ini tidak ditemukan kesalahan.

Banner IDwebhost

Hasil Survey LSI Denny JA

Sebelumnya Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA juga telah merilis hasil survei terbaru mereka, terkait elektabilitas capres-cawapres, satu bulan menjelang Pilpres 2019.

Survei terbaru ini digelar pada 18-25 Februari 2019, terhadap 1.200 responden yang dipilih dengan multistage random sampling, menggunakan metode surat suara.

Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa mengatakan, elektabilitas kandidat nomor urut 01 Jokowi-Maruf Aminmasih unggul dibandingkan kandidat nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hasil survei LSI Denny JA menunjukkan elektabilitas Jokowi-Maruf Amin sebesar 58,7 persen, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 30,9 persen, suara tidak sah 0,5 persen, dan belum menentukan pilihan 9,9 persen.

Lantaran pakai model surat suara, maka ada asumsi surat suara yang tidak sah.

“Jokowi-Amin masih unggul dari Prabowo-Sandi dengan selisih tetap sekitar 20 persen, tapi masih ada sisa waktu 40 hari,” kata Ardian Sopa di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (5/3/2019).

Ardian Sopa juga menyebut, temuan survei ini sebenarnya sudah bisa menggambarkan hasil Pemilu Pilpres 2019 sebenarnya pada 17 April nanti.

Sebab, selisih capres 01 dan capres 02 masih terpaut jauh, sementara pemungutan suara tinggal sebulan.

“Kalau dilihat dari tren ini, pertarungan sudah selesai. Kalau dari lihat tren, tetapi namanya politik itu bisa berubah,” jelas Ardian Sopa.

(*/ams)

Bagikan :