JDIH Tuban Terbaik Pertama Nasional

- Tim

Selasa, 10 September 2019 - 22:58

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JDIH Tuban Terbaik Pertama Nasional .

JDIH Tuban Terbaik Pertama Nasional .

TUBAN. Netpitu.com – Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Tuban kembali berhasil meraih penghargaan sebagai anggota JDIHN Terbaik Pertama Tingkat Nasional kategori Pemerintah Kabupaten dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoli yang diterima langsung oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda pada acara Rapat Kordinasi JDIHN dan JDIHN Expo Tahun 2019, Selasa, (10/09/19) bertempat di Swiss-bel Hotel Mangga Besar, Jalan Kartini Raya No. 57 Jakarta Pusat.

Selain itu Tuban juga mendapatkan penghargaan sebagai Anggota JDIHN dengan Inovasi Sosialisasi /kampanye teraktif tahun 2019.

Dalam acara yang mengambil tema “Penguatan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional dalam rangka Percepatan Reformasi Hukum di Indonesia” ini,

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menkumham mengungkapkan bahwa Penghargaan ini diberikan setelah dilakukan evaluasi dan penilaian pengelolaan JDIH dalam kurun waktu selama tahun 2019.

Sejak tahun 2014, Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham secara rutin memberikan apresiasi kepada Anggota JDIH yang terbaik untuk beberapa kategori, yakni instansi pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan pemerintah kota dengan harapan akan memacu semangat Anggota JDIH untuk berlomba memajukan dengan inovasi dan kreativitas.

Baca Juga :  PTUN Surabaya Perintahkan Tunda Pelaksanaan SK Pemberhentian Kades

“Kami mengucapkan selamat kepada Anggota JDIH yang terpilih sebagai Anggota JDIH Terbaik 2019 berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian sebagaimana Peraturan Presiden (Perpers) Nomor 33 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Hukum dan Ham RI No. 8 tahun 2019 tentang standar pengelolaan dokumen dan informasi hukum.” ungkapnya.

Menkumham berharap kedepan Pengelolaan JDIH agar dapatnya terus menerus disempurnakan, dalam mempercepat optimalisasi JDIH sebagai “portal” pencarian dokumen hukum dan basis data dokumen hukum yang mudah diakses, lengkap, akurat dan terpercaya.

Adapun instrument penilaian meliputi aspek organisasi, sumber daya manusia, koleksi dokumen-dokumen hukum, teknis pengelolaan, sarana prasarana, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, Inovasi dan Promosi. Jelasnya.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kebupaten Tuban, Arif Handoyo mengungkapkan bahwa keberadaan JDIH dapat memudahkan akses terhadap dokumentasi dan informasi hukum sehingga tercipta kepastian hukum, transparansi dan akuntabilitas dalam mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Baca Juga :  Wabup Tuban Pantau UNBK SD/ SMP di 3 Kecamatan

“JDIH mempermudah masyarakat mengakses dokumentasi dan informasi hukum baik Perda, Perbup dan peraturan lainnya yang dimiliki oleh Kabupaten Tuban, sehingga produk hukum tersebut dapat dilihat dan diunduh dengan mudah,” imbuhnya.

Arif handoyo menambahkan bahwa kembali diraihnya penghargaan ini tidak lepas dari peran serta masyarakat yang aktif mengakses dan mencari Informasi terkait hukum melalui website JDIH Kabupaten Tuban.

“Ataupun melalui Aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum berbasis Android (Jariku Android) yang merupakan Inovasi dari Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban,” paparnya ke media ini.

Pada kesempatan yang sama Tutik Musyarofah, Kasubbag Dokumentasi Hukum Pada Bagian Hukum Setda Kabupaten Tuban saat ditemui media ini menjelaskan bahwa selain Website dan Aplikasi Jariku Android saat ini juga JDIH Kabupaten Tuban telah dikembangkan dengan mengoptimalkan Perpustakaan JDIH, membuat sosialisasi berupa Video pada Videotron dan Media Sosial serta memasukkan Peraturan Desa pada JDIH Kabupaten Tuban.

Baca Juga :  Masak Ditinggal Cari Ubi, Rumah Kebakaran

“JDIH Tuban menjadi bagian kecil dari anggota JDIHN yang memasukkan Perdes ini, saat ini pada JDIH Tuban sudah terdapat 300 lebih Perdes dari seluruh Desa Se-kabupaten Tuban.”imbuhnya.

Setelah menerima penghargaan ini, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengucapkan syukur dan memberikan apresiasinya atas diraihnya Penghargaan ini,

“Saya harap dengan capaian yang telah diraih dapat menjamin ketersediaan informasi tentang hukum, dan memudahkan akses pada produk hukum di Kabupaten Tuban dengan cepat, tepat, dan lengkap,” harap Bupati.

Tak lupa Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Sehingga penghargaan ini dapat dipertahankan dan diraih kembali, serta kepada seluruh masyarakat atas dukungannya kepada Pemkab Tuban untuk dapat bekerja lebih baik lagi kedepannya.

(met)

Berita Terkait

LHP BPK Kab. Bojonegoro Sudah Diserahkan Ke Ketua DPRD Tapi Tak Dibagikan Pada Anggota
16 Lowongan Parades Di Sukosewu, Jangan Lempar Bola Panas Ke Kecamatan
Hoax Kabar Penghentian Hibah BKD Dari KPK
Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kementerian PAN RB Lakukan Rakor Online
Miris, Masih Ada Jalan Poros Desa Berlumpur di Bojonegoro
PDIP : Pemkab Harus Berikan Solusi Soal Kelambatan Pencairan ADD
Duh, 53 Desa Di Bojonegoro Belum Mengajukan Pencairan ADD., Ada Apa ?
Duh… Belum Terima Gaji Bulan Maret, ASN Dinas Sosial Bingung Cari Talangan

Berita Terkait

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Jumat, 17 November 2023 - 09:13

Bawaslu RI Gelar Sidang Laporan Anwar Sholeh, Soal Penetapan DCT DPR, Anna Mu’awanah

Rabu, 26 April 2023 - 19:32

DPC PPP Bojonegoro Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:09

DPD Golkar Bojonegoro Minta Airlangga Hartarto Segera Deklarasikan Diri Sebagai Capres 2024

Berita Terbaru

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00