oleh

Jawa timur Kekurangan 1 Juta Tenaga Ahli Konstruksi

-GOODNEWS-137 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Provinsi Jawa timur saat ini masih kekurangan tenaga ahli bidang konstruksi. Dari jumlah 1,5 juta tenaga ahli yang dibutuhkan di Jatim, sekarang ini baru terdapat 500 ribu tenaga ahli dengan sertifikat SKA ( Sertifikat Keterangan Ahli ).

Hal tersebut dikatakan ketua Dewan Pimpinan Provinsi Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (DPP Inkindo) Jawa Timur, Adi Prawito, dalam diskusi panel dengan tema ” Peran Regulasi dalam Usaha jasa Konsultansi “dengan narasumber ketua LKPJ, Dr. Ir. Gentur Prihantono, SP, MT, MH.

Diskusi ini diselenggarakan Forum Anggota INKINDO Jatim, yang diikuti dari tiga Kabupaten, Bojobegoro, Tuban dan Lamongan, salah satu hotel di Bojonegoro, Selasa (12/3/2019).

Baca Juga :  Wakil Bupati Bojonegoro Pimpin Upacara Pelepasan Peserta Latsitardanus ke 39

Lebih lanjut dikatakan Adi Prawito, di Jawa timur setidaknya ada 717 konsultan yang aktif dari total kurang lebih 1.000 konsultan.

Dengan demikian, konsultan di Jawa Timur mempunyai potensi nomor 2 setelah DKI Jakarta, yang mempunyai usaha jasa konsultansi 800 konsultan aktif. Pasalnya, selain memberikan jasa konsultan, INKINDO juga bergerak di bidang jasa konstruksi.

Sedangkan mengenai permasalahan kebutuhan tenaga kerja ahli dalam pengadaan barang dan jasa, yanbg sudah mengantongi
SKA ada sekitar 500 ribu orang.

Baca Juga :  Ketua MUI Kukuhkan Pengurus MUI Kecamatan se-Kabupaten Tuban

” Di Jawa timur kebutuhan kita 1,500.000 juta, artinya sebetulnya ada kotak hitam yang belum terselesaikan, dan menjadi ranah pekerjaan organasasi,” ucap Adi Prawito.

Banner IDwebhost

Ditekankan Adi Prawito, selain profesional dalam sikap dan kinerja, Inkindo Jatim ingin mengajak seluruh anggota untuk kreatif, inovatif dan kompetitif. Di Jawa timur sendiri sekarang ini terdapat sekitar 700 anggota INKINDO yang tersebar di Kabupaten dan kota.

Sementara itu, Kordinator (Korda) INKINDO Kabupaten Bojonegoro, Fery Candra Kresna, menjelaskan acara ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan berkualitas.

Baca Juga :  Perkuat Institusi Masyarakat Pedesaan Pemkab Tuban Dorong KKBPK

Tidak sebatas memiliki skill atau keterampilan dalam bidang kerja dan keilmuannya, melainkan perlu ditunjang kreatifitas, mampu berinovasi dan berdaya saing tinggi.

Selain itu dengan diadakan acara seperti ini masalah apapun yang terjadi di INKINDO Bojonegoro akan dibantu oleh DPP INKINDO Jatim

(dan)

Bagikan :