Jawa timur Kekurangan 1 Juta Tenaga Ahli Konstruksi

- Tim

Selasa, 12 Maret 2019 - 16:04

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO. Netpitu.com – Provinsi Jawa timur saat ini masih kekurangan tenaga ahli bidang konstruksi. Dari jumlah 1,5 juta tenaga ahli yang dibutuhkan di Jatim, sekarang ini baru terdapat 500 ribu tenaga ahli dengan sertifikat SKA ( Sertifikat Keterangan Ahli ).

Hal tersebut dikatakan ketua Dewan Pimpinan Provinsi Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (DPP Inkindo) Jawa Timur, Adi Prawito, dalam diskusi panel dengan tema ” Peran Regulasi dalam Usaha jasa Konsultansi “dengan narasumber ketua LKPJ, Dr. Ir. Gentur Prihantono, SP, MT, MH.

Baca Juga :  Tim Gugus Tugas Tuban Bagikan Masker Pada Nelayan

Diskusi ini diselenggarakan Forum Anggota INKINDO Jatim, yang diikuti dari tiga Kabupaten, Bojobegoro, Tuban dan Lamongan, salah satu hotel di Bojonegoro, Selasa (12/3/2019).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lebih lanjut dikatakan Adi Prawito, di Jawa timur setidaknya ada 717 konsultan yang aktif dari total kurang lebih 1.000 konsultan.

Dengan demikian, konsultan di Jawa Timur mempunyai potensi nomor 2 setelah DKI Jakarta, yang mempunyai usaha jasa konsultansi 800 konsultan aktif. Pasalnya, selain memberikan jasa konsultan, INKINDO juga bergerak di bidang jasa konstruksi.

Baca Juga :  Gugus Tugas Covid-19 Tuban Terima Bantuan APD Dari Bukopin

Sedangkan mengenai permasalahan kebutuhan tenaga kerja ahli dalam pengadaan barang dan jasa, yanbg sudah mengantongi
SKA ada sekitar 500 ribu orang.

” Di Jawa timur kebutuhan kita 1,500.000 juta, artinya sebetulnya ada kotak hitam yang belum terselesaikan, dan menjadi ranah pekerjaan organasasi,” ucap Adi Prawito.

Ditekankan Adi Prawito, selain profesional dalam sikap dan kinerja, Inkindo Jatim ingin mengajak seluruh anggota untuk kreatif, inovatif dan kompetitif. Di Jawa timur sendiri sekarang ini terdapat sekitar 700 anggota INKINDO yang tersebar di Kabupaten dan kota.

Baca Juga :  Bupati Tuban Serahkan Penghargaan Puskesmas Terbaik 2018

Sementara itu, Kordinator (Korda) INKINDO Kabupaten Bojonegoro, Fery Candra Kresna, menjelaskan acara ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan berkualitas.

Tidak sebatas memiliki skill atau keterampilan dalam bidang kerja dan keilmuannya, melainkan perlu ditunjang kreatifitas, mampu berinovasi dan berdaya saing tinggi.

Selain itu dengan diadakan acara seperti ini masalah apapun yang terjadi di INKINDO Bojonegoro akan dibantu oleh DPP INKINDO Jatim

(dan)

Berita Terkait

Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media
Pameran Bonsai Dan Edukasi Bonsai di MCM