oleh

PT Semen Indonesia Sulap Lahan Eks Tambang Jadi Taman Reklamasi “Bukit Daun”

-GOODNEWS-257 views

TUBAN. Netpitu.com – Tidak selamanya lokasi bekas tambang membayakan. Jika dilakukan reklamasi dan ditata kembali menjadi taman wisata, tentu hasilnya akan sangat mempesona mata yang memandang.

Inilah yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia, dalam mengelola lahan bekas tambang, tak sekedar menutup lobang tanah tetapi juga menyulapnya menjadi taman Arboretum Bukit Daun atau Taman Reklamasi ” Bukit Daun “.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tuban Hj. Qodiriyah Fathul Huda pun mengutaeakan kekagumannya saat mengunjungi Taman Reklamasi Arboretum Bukit Daun di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek.

Saat itu dengan didampingi jajaran pengurus TP PKK Tuban berkunjung ke taman eks tambang yang disulap menjadi taman mirip tamannya putri kerajaan.

Saat berada di taman milik Semen Indonesia Pabrik Tuban tersebut, isteri dari Bupati Tuban Fathul Huda sangat mengapresiasi keberadaan taman bekas tambang batu kapur itu.

‘’Tempat itu sangat bagus ya, bekas tambang batu kapur bisa menjadi tempat rekreasi seperti taman kerajaan,’’ ungkapnya kepada netpitu.com, di Pendopo Krido Manunggal, Jum’at, (12/04/2019) .

Banner IDwebhost

Menurutnya, selain sebagai sarana rekreasi untuk masyarakat, Arboretum Bukit Daun juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi. Karena di tempat tersebut selain ada berbagai tanaman langka, juga ditanami berbagai tanaman obat-obatan.

‘’Selama ini saya baru tahu kalau tempat itu dinamakan Bukit Daun ini dari Media Sosial (Medsos). Alhamdulillah saya bisa membuktikan pada hari Jum’at lalu, (05/04/2019) bersama teman-teman TP-PKK Kabupaten Tuban berkunjung kesana. Ternyata bagus, rindang, dan nyaman. Pokoknya cocok untuk rekreasi apa lagi bersama keluarga,’’ tutur isteri orang nomor satu di jajaran Pemkab Tuban tersebut.

Ketua TP PKK Kabupaten Tuban tersebut juga berharap apa yang telah dilakukan oleh Semen Indonesia ini dapat menjadi contoh perusahaan lainnya yang melakukan kegiatan penghijauan dan bisa menyulap tambang-tambang di Bumi Wali. Lahan bekas tambang dikembalikan menjadi zona hijau, bahkan bisa menjadi tempat rekreasi.

‘’Kita berharap semua masyarakat yang melakukan kegiatan pertambangan jika sudah selesai dapat direklamasi dan dijadikan tempat wisata seperti ini,’’ tuturnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah oleh netpitu.com, Senior Manager of Public Relation & CSR Semen Indonesia, Setiawan Prastiyo menjelaskan soal area Arboretum Bukit Daun ada beberapa tanaman langka yang juga tidak banyak dijumpai di tempat lain, seperti Kawista, Damar, Daharu, Ulin, Kurma, dan beberapa tanaman lainnya.

‘’Selain itu, kita juga menamam berbagai tanaman obat, seperti Sereh, Jahe, Kunyit, dan berbagai tanaman obat lainnya,’’ ujar Iwan panggilan akrab Setiawan Prastiyo ke media ini.

Menurutnya, dengan adanya Arboretum Bukit Daun atau Taman Reklamasi tersebut merupakan salah satu bukti bahwa Semen Indonesia merupakan perusahaan semen yang memperhatikan keberlangsungan lingkungan.

‘’Jadi kami berupaya keberadaan pabrik kami (Semen Indonesia) di Tuban ini dapat bermanfaat pula untuk masyarakat sekitarnya, serta terjalin harmonisasi bersama masyarakat dan lingkungan,’’ pungkasnya.

(met)

Bagikan :