oleh

Desa Socorejo Terbaik l Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tingkat Nasional

TUBAN. Netpitu.com– Pemerintah Desa (Pemdes) Socorejo, Kecamatan Jenu berhasil mendapatkan penghargaan Terbaik 1 Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tingkat Nasional tahun 2019.

Desa di pesisir utara Tuban ini menjadi yang terbaik setelah menyingkarkan 200 desa peserta perwakilan dari 74.754 desa di seluruh Indonesia.

Penganugerahan penghargaan ini diserahkan Dirut BPJS Ketenagakerjaan kepada Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim di Ballroom Plaza BPJAMSOSTEK Lt. 6 Jl. HR. Rasuna Said Kav. 122- Jakarta pada acara Malam Apresiasi 42 Tahun BPJS Ketengakerjaan dengan tema ‘Tumbuh Bersama Pekerja Indonesia’, Kamis (12/12/2019) malam.

Hadir mendampingi Kades Socorejo pada kesempatan ini Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, H. M. Miyadi, S.Ag, MM; Asisten Pemerintahan Sekda Tuban, Drs. Joko Sarwono; Camat Jenu, Moch. Maftuchin Riza, S.STP; Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Tuban, dan segenap jajaran perangkat desa setempat.

Selepas mendapatkan penghargaan, Kepala Desa Socorejo mengucapkan syukur atas diraihnya penghargaan ini.

“Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT sehingga kami mendapatkan penghargaan ini. Dan terimakasih kepada semua pihak khususnya Bapak Bupati Tuban, Ketua DPRD dan Camat Jenu atas segala dukungan dan arahannya selama ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Sambangi Kantor Diskominfo Bupati Tuban Minta Tingkatkan Layanan Informasi Publik

Alumnus UIN Yogyakarta ini juga mengungkapkan rasa bangga serta terima kasih atas kerjasama Sekdes Socorejo, Wintayah Putri, beserta seluruh perangkat desa dan perisai.

Banner IDwebhost

Tak lupa juga kepada Direktur BUMDes Rohmad Hidayat beserta pengurus, Ketua BPD, LPMD, Karang Taruna beserta anggota, Ketua RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan semua perusahaan di ring 1 Socorejo serta masyarakat.

“Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh warga masyarakat Socorejo tercinta,” imbuh kades muda yang dikenal penuh dengan inovasi ini.

Kedepan Kang Arief Sapaan akrab Kades Socorejo juga menargetkan ada peningkatan keterlibatan masyarakat di program BPJS Ketenagakerjaan.

“Kalau tahun ini mengkaver 3000 warga, tahun depan kami akan tingkatkan lebih banyak lagi, supaya lebih banyak masyarakat yang mendapat jaminan sosial lewat BPJS Ketenagakerjaan yang dikelola Desa Socorejo,” tambahnya.

Asuransi tersebut merupakan program baik yang bertujuan melindungi jiwa raga masyarakat.

Adapun premi asuransi yang dibayar tiap bulan sebesar Rp16.800 per orang. Asuransi ini sudah mengcover kecelakaan kerja, maupun santunan kematian.

Baca Juga :  Bupati Tuban Terima Penghargaan Pembina K3 Tahun 2020

Pemerintah desa Socorejo juga berterima kasih atas partisipasi dari PT Semen Indonesia, Silog, IKSG, KIT dan Perusahaan lainnya yang membantu 300 jiwa yang dibiayai perusahaan.

“Diharapkan partisipasi perusahaan dari tahun ke tahun bisa meningkat,” imbuhnya.

Kades di pesisir Pantai Utara Jawa itu menambahkan, selain dibantu oleh perusahaan, BPJS juga dijalankan dengan inovasi bank sampah. Masyarakat diberdayakan untuk memilah sampah, untuk dijual kemudian uanganya dipakai bayar asuransi.

Di samping itu ada hasil laut untuk bayar asuransi bagi nelayan. Skema terakhir asuransi dibayarkan melalui program Anak Mengabdi.

Yakni setiap anak yang bekerja di perusahaan, wajib membiayai satu jiwa orang tuanya. Istilahnya anak bisa mikul duwur mendem jero.

Mendampingi Kades Socorejo menerima Penghargaan ini, Ketua DPRD Tuban, HM. Miyadi, S,Ag, MM mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya kepada Pemdes Socorejo.

“Atas nama pemerintah dan DPRD Tuban, kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Desa Socorejo. Ini adalah buah kerjasama baik yang dilaksanakan oleh Kepala Desa bersama dengan perangkat desa, masyarakat, pihak kecamatan dan kabupaten,” kata Miyadi.

Baca Juga :  Sekda Sosialisasi PP 12/2019 Untuk Satukan Persepsi Pengelolaan Keuangan Daerah

Dengan keberhasilan tersebut, Miyadi berharap Kang Arif dapat menjaga dan menjamin kesejahteraan masyarakat Desa Socorejo melalui program BPJS Ketengakerjaan.

“Sehingga kesejahteraan masyarakat desa dapat terjamin di tahun-tahun berikutnya,” tambahnya.

Miyadi juga menambahkan bahwa Pemerintah akan terus mendorong agar desa-desa yang lain dapat mengikuti kinerja yang baik dari Desa Socorejo.

Agar jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan akan tercapai di masing-masing desa di Kabupaten Tuban.

Ucapan terima kasih juga diungkapkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Tuban, Rofiul Masyhudi atas prestasi dan inovasi Pemdes Socorejo dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayahnya.

Jika Pada tahun 2018 lalu Desa Karanglo Kecamatan Kerek harus puas menjadi terbaik 2, tahun ini desa Socorejo Kecamatan Jenu berhasil menjadi Terbaik Pertama.

“Alhamdulillah tahun ini Socorejo Jenu terbaik 1, dan sangat membanggakan,” ujarnya dengan bangga.

(met)

Bagikan :