4 KPH Perhutani di Tuban Terima Penghargaan K3 Dari Gubernur Jatim

- Tim

Selasa, 14 Januari 2020 - 10:49

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – 4 Kantor Perhutani di Kabupaten Tuban kembali terima penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Provinsi Jawa Timur tahun 2020. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Pawaransa, M.Si., kepada 4 Administratur yang diwakili di lapangan kawasan SIER, Surabaya, Senin (13/01/2020).

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim, Dra. Hj. Khofifah Indar Pawaransa, M.Si., mengatakan bahwa pelaksanaan K3 dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi kalangan industri maupun masyarakat dalam mewujudkan budaya K3. Di samping itu, untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3, menjamin perlindungan K3 pada setiap kegiatan industri dan meningkatkan penerapan K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era ekonomi digitalisasi.

“Sehingga mampu mewujudkan SDM yang unggul, berdaya saing, dan meningkatkan produktivitas kerja,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Gubernur Khofifah menerangkan di Jawa Timur sepanjang tahun 2019 ini angka kecelakaan di tempat kerja cenderung menunjukkan tren penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, masih perlu usaha bersama untuk menumbuhkan kesadaran berperilaku selamat dan sehat (K3) yang tidak hanya diberlakukan pada pekerjaan formal dalam sebuah badan usaha/perusahaan namun juga pada pekerjaan sektor informal.

Baca Juga :  Peringati HUT HBA Dan IAD Ke 59 Kejaksaan Tuban Ajak Stake holder Donor Darah

“Perlu peran dan dukungan seluruh pihak, baik manajemen perusahaan maupun pekerja dan masyarakat, untuk melakukan upaya pencegahan/preventif guna meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja,” serunya.

Sementara itu, Empat Administratur Perhutani yaitu KPH Tuban, Parengan, Jatirogo dan KPH Kebonharjo usai menerima Penghargaan ini di depan netpitu.com mengungkapkan rasa syukurnya bahwa Perum Perhutani tidak pernah absen mendapat penghargaan ini setiap tahunnya. Berdasarkan penilaian yang dilakukan selama tahun 2019, 4 KPH ini selalu hadir dan mendapatkan secarik kertas penghargaan di tingkat Jawa Timur yang penyerahan penghargaannya dilakukan di tahun 2020 ini.

“Penilaian penghargaan ini di ukur dari jumlah jam kerja perusahaan yang meraih penghargaan tanpa ada angka kecelakaan. Memang bisa dimaklumi karena dari segi kuantitas kita memang tidak sebagus perusahaan lainnya, tetapi dari segi kualitas Perhutani lebih dari yang lain, karena kebanyakan perusahaan lainnya adalah termasuk industri cukup besar,” terang salah satu Adm, yaitu Baddarudin Amin.

Baca Juga :  Ketua MUI Kukuhkan Pengurus MUI Kecamatan se-Kabupaten Tuban

Kata Baddar, seperti KPH Parengan saat dinilai Tim K3 Propinsi Jatim tercatat telah melakukan jam kerjanya sebanyak 6. 278 . 422 jam.

Dikonfirmasi Adm lainnya, Panca Sihite menambahkan diterimanya penghargaan ini bukanlah tujuan akhir tetapi lebih kepada motivasi untuk selalu meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja pada perusahaan. Dengan penerapan K3 yang baik dapat menjamin kesehatan dan keselamatan setiap pekerja dalam menjalankan tugasnya.

Adm KPH Tuban, Tulus Budyadi dan Adm Panca Sihite saat dikonfirmasi melalui pesan What’s App berharap kedepan nanti akan dapat terus mendorong, mensupervisi dan membina tenaga kerja dilingkupnya agar dapat lebih membudayakan K3 dan menerapkan Sistem Manajemen K3 (SMK3), serta selalu berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk menjamin kesehatan tenaga kerjannya.

Baca Juga :  Siswarno Putra Daerah Tuban Resmi Jabat Kalapas Tuban

Adapun perusahaan selain Perhutani yang saat itu juga menerima sebagai Penerima Zero Accident antara lain, CV. Laron Putra Manunggal; Hotel Purnama; Hotel Resort Tuban Tropis; Perumda Air Minum Tirta Lestari; PT. Anugerah Abadi Sejati; PT.Aziz Jaya Abadi; PT. Bhumidana Indonesia; PT. Federal International Finance; PT. Gasuma Federal Indonesia; PT. Industri Kemasan semen Gresik; PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Tuban; PT. PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar; PT. Purbaya Bagelen Mandiri; PT. Solusi Bangun Indonesia, Tbk – Pabrik Tuban; PT. Suprabakti Mandiri; PT. Trans Pacifik Petrochemical Indotama; PT. United Tractors Semen Gresik; PT. Warahma Biki Makmur; RS. Medika Mulya; RS. Muhammadiyah; RS. Nahdlatul Ulama; RSUD Dr. R. Koesma. Sedangkan penerima penghargaan P2HIV-AIDS adalah PT. Merdeka Nusantara.

(met)

Berita Terkait

Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media
Pameran Bonsai Dan Edukasi Bonsai di MCM

Berita Terkait

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Jumat, 17 November 2023 - 09:13

Bawaslu RI Gelar Sidang Laporan Anwar Sholeh, Soal Penetapan DCT DPR, Anna Mu’awanah

Rabu, 26 April 2023 - 19:32

DPC PPP Bojonegoro Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:09

DPD Golkar Bojonegoro Minta Airlangga Hartarto Segera Deklarasikan Diri Sebagai Capres 2024

Berita Terbaru

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00