KPU Sosialisasi Pemilu Ke Warga Binaan Lapas Tuban

- Tim

Sabtu, 16 Februari 2019 - 00:04

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Komisi Pemilihan Umum Tuban lakukan sosialisasi Pemilu kepada warga binaan Lapas Tuban, Jumat (15/2/2019).

Komisi Pemilihan Umum Tuban lakukan sosialisasi Pemilu kepada warga binaan Lapas Tuban, Jumat (15/2/2019).

TUBAN. Netpitu.com – Meski pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan digelar pada 17 April 2019 mendatang, nyatanya belum semua orang tahu, khususnya 410 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WPB) Lapas Kelas II B Tuban. Jumat (15/02/2019).

Sekitar 410 WBP tersebut belum mengetahui jika selain memilih Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, mereka juga harus memilih Calon Legistalif, baik DPR RI, DPRD provinsi, DDRD kabupaten, dan DPD.

Meski demikian, antusiasme WBP dalam menyalurkan aspirasi hak politiknya tergolong tinggi. Hal ini tergambar saat mengikuti sosialisasi yang dilakukan KPU Tuban yang di gelar di Aula tengah Lapas.

Salah satu WPB, Sugiono mengatakan, dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh KPU setempat ini sedikit banyak menambah wawasan para WBP dalam menentukan pilihannya. Meski dirinya tidak tahu nama-nama calon legislatif, namun dirinya akan datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya.

“Sudah tiga kali memilih di Lapas, setiap pemilu pasti ikut datang mencoblos, dengan sosialisasi kita baru tahu kalau nanti ada 5 surat suara yang akan dipilih,” terangnya.

Komisioner KPU Kabupaten Tuban, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yayuk Dwi Agus Sulistiorini, mengungkapkan, Minimnya pengetahuan yang diperoleh para WBP itu dirasa sangat wajar, mengingat akses informasi yang masuk kepada mereka sangat terbatas.

Baca Juga :  FKDM Bojonegoro Ikrar Tolak HTI. Inilah Pernyataannya

Dimanapun berada setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan informasi. Karena keterbatasan informasi yang masuk kedalam lapas, membuat KPU hadir ditengah-tengah warga binaan untuk memberikan informasi kepemiluan.

“Warga binaan ini sangat terbatas akses keluar, sehingga perlu kita datangi supaya informasi kepada mereka bisa tersampaikan,” kata Wanita ramah senyum itu.

Yayuk menambahkan, dalam pemilu serentak mendatang, di lapas Tuban akan didirikan sebanyak dua TPS mengingat jumlah DPTP yang telah terdaftar cukup banyak.

“Nanti akan ada dua TPS disini, total sebanyak 388 WBP yang sudah terdaftar kedalam DPTP KPU,” imbuhnya.

Baca Juga :  Corat Coret Gedung Pemkab, Kemunculan Gerakan Anarko Sindikalisme Gegerkan Bojonegoro

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Tuban, Sugeng Indrawan mengatakan, saat ini penghuni lapas Tuban sebanyak 410 WBP dan tahanan. Dengan adanya sosialisasi dan informasi yang diberikan oleh KPU sangat memberi manfaat kepada seluruh warga binaan, dan penghuni lapas.

Dengan adanya pemahaman tentang pemilu ini pihaknya berharap agar seluruh WBP mampu menumbuhkan rasa kesadaran mereka dalam menetukan hak berpolitiknya.

“Sosialisasi ini sangat diperlukan dan bermanfaat bagi para WBP. Antusiasne WBP dalam setiap kontestasi politik sangat tinggi,” pungkas Sugeng.

(met)

Berita Terkait

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa
Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh