oleh

Jalan Rusak Parah Tak Diperbaiki, Warga Desa Rahayu Ancam Blokir Akses Jalan Pertamina

TUBAN. Netpitu.com – Warga Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, mendesak PT. Pertamina Asset EP 4 Field Jawa timur dan Pertamina PHE TEJ, selaku pengelola lapangan Migas blok Sukowati untuk segera merealisasikan pembangunan jalan lingkar Pertamina.

Lantaran kondisi jalan yang menjadi akses keluar maduk kendaraan Pertaminan tersebut sudah rusak parah, dan mengganggu kenyamanan serta mengancam keselatan warga pengguna jalan.

Dikatakan Dasim, salah seorang warga Desa Rahayu, kerusakan jalan lingkar Pertamina telah terjadi beberapa tahun lalu dan hingga sekarang belum ada perbaikan dari Pertamina.

Jalan tersebut sebenarnya merupakan jalan poros desa, namun karena adanya aktivitas pertambangan Migas oleh Pertamina, pengaspalan dan pembangunan jalan diserahkan pada Pertamina sebagaimana telah disepakati antara pihak Pemdes Rahayu dan Pertamina.

Baca Juga :  Diduga Korupsi Rp. 644 Juta, Kejaksaan Tahan Mantan Kades Sitiaji

“Pembangunan dan perbaikan jalan menjadi tanggungjawab Pertamina. Kalau Pertamuna tidak mau, ya silakan membuat akses jalan sendiri. Keluar masuk kendaraan jangan menggunakan jalan milik desa,” ujar Dasim, kepada netpitu.com, Rabu, (17/11/2020).

Lebih lanjut dikatakan Dasim, jika pihak Pertamina tidak segera melakukan perbaikan jalan maka warga masyarakat Desa Rahayu, tidak segan-segan untuk berunjukrasa memblokir akses jalan yang digunakan keluar masuk kendaraan Pertamina.

Baca Juga :  Kajari Bojonegoro Sutikno, SH. MH : Soal Sanksi Hukuman Administrasi Terserah Pemkab

“Tanggung jawab pemeliharaan jalan lingkar pertamina jangan dijadikan bola pimpong antara Pemkab dan Pertamina. Masyarakat sudah muak dengan alasan seperti ini. Pokoknya kalau tidak segera diperbaiki oleh Pertamina, warga siap blokir jalan,” tandas Dasim.

Sementara itu, menurut Kepala Desa Rahayu, Iman Lughuzali, dalam menangani kerusakan jalan lingkar Pertamuna ini, pihaknya sudah menyampikan persoalan tersebut kepada DPRD Tuban. Dan dikatakan, bahwa perbaikan dan pembangunan jalan tersebut menjadi tanggungjawab Pertamina.

Untuk merealisasi perbaikan jalan itu, kata Imam Lughuzali, pihak Pemdes Rahayu telah berkirim surat kepada Pertamina selaku pengelola lapangan blok migas Sukowati di Desa Rahayu, Tuban.

Baca Juga :  Pers Pencasila dan Jurnalisme Patriotik

Surat dikirimkan kepada Pertamina PHE TEJ, dan Pertamuna EP Asset 4 Field Sukowati. Namun hingga pertengahan Nopemver sekarang ini belum ada tanggapan.

“Ya, jika tidak mau membangun, jangan salahkan warga masyarakat Desa Rahayu jika mereka marah, dan melakukan pemblokiran jalan. Kita kan sudah memintanya secara baik-baik dan sesuai prosedur. Karena dari dulu jalan tersebut pembangunan dan perbaikannya menjadi tanggungjawab Pertamina,” kata Imam Lughuzali.

(ro)

Bagikan :