Peringati Harlah Ke 61 Tahun Semen Indonesia Gelar Tanding Pencak Silat

- Tim

Jumat, 19 Oktober 2018 - 23:03

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Semen Indonesia diperingatan HUT-nya ke 61 tahun, menggelar kejuaraan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) “Semen Indonesia Cup IV” bertempat di Graha Sandiya, Kompleks Perumahan Dinas Tuban pada tanggal 15 hingga 17 Oktober 2018.

Kegiatan ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 berdirinya Pabrik Gresik – Semen Indonesia, sekaligus HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pertandingan dibuka langsung oleh SVP Production Semen Indonesia, Joko Sulistiyanto diikuti oleh 236 atlet yang terdiri dari 208 pesilat tanding dan 28 pesilat seni.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Seluruh pesilat berasal dari 19 ranting Cabang Tuban, dan 2 komisariat, yakni komisariat Semen Indonesia dan komisariat Unirow Tuban.
Kategori pertandingan dibagi menjadi 2, yaitu Kategori Tanding dan Kategori Seni.

Namun peserta di masing-masing kategori tetap dibagi sesuai kelompok usia, meliputi kelompok usia pra remaja, remaja dan dewasa putra putri.

Baca Juga :  2 Siswa SDN I Kalirejo - Kec. Ngraho Juarai Kerjurnas Pencak Silat Perisai Diri Piala Hamengku Buwono X

Sedangkan di masing-masing kelompok usia terdapat 2 hingga 4 kelas, yaitu kelas A, B, C & D untuk menyelaraskan berat badan lawan tanding di setiap kelasnya.

‘’Untuk para atlet yang bertanding saya harapkan dapat mengendalikan emosi, memegang teguh budi pekerti, juga menjunjung tinggi sportivitas dalam meraih prestasi,’’ pesan Joko Sulistyanto.

Menurutnya, dengan mengikuti olah raga pencak silat setidaknya ada 3 manfaat yang dapat diperoleh.

Yang pertama yakni, pencak silat adalah olah raga yang bisa dipelajari mulai dari usia muda hingga tua nanti, sekaligus agar senantiasa kondisi fisik serta kesehatan dapat terjaga.

Selanjutnya yang kedua melestarikan budaya asli tanah air yang bisa kita banggakan saat kita berada di kancah internasional.

Baca Juga :  Jum'at Besuk Polisi Bakal Gelar Rekontruksi Dugaan Kasus KDRT Yang Dilakukan Anggota DPRD Bojonegoro

‘’Jadi berbanggalah telah bergabung, khususnya di PSHT ini. Kelebihannya lagi, akan dengan mudah menemukan saudara lainnya (seperguruan) kapan pun dan dimana pun tempatnya,’’ ujar Joko.

Dan untuk manfaat yang ketiga, lanjut Joko mengatakan, dengan berlatih silat akan membentuk mental dan karakter yang tangguh. Sehingga, mental dan karakter diri ini akan sangat bermanfaat jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

‘’Pencak silat ini adalah seni bela diri, tidak untuk mencari lawan. Tapi untuk mencari saudara dan kawan,’’ pesan Joko kepada ratusan atlet.

Sementara itu, Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Tuban, Lamidi mengucapkan banyak terima kasih kepada Semen Indonesia yang telah menyelenggarakan
kejuaraan pencak silat yang bertajuk “Semen Indonesia Cup IV” ini. Dia juga berharap agar dari kejuaraan ini dapat memunculkan bibit-bibit atlet pencak silat.

Baca Juga :  Jenazah Andik Tjandra Dimakamkan Besuk Minggu Pagi, Pemkab Bojonegoro Berduka

‘’Kita berharap event ini bisa menumbuhkankan atlet yang tidak hanya pada level lokal, tapi juga nasional dan bahkan internasional. Kita yakin bahwa pencak silat mampu mengharumkan nama bangsa, terbukti pada Asean Game beberapa waktu yang lalu cabang olahraga pencak silat menyumbangkan mendali emas paling banyak,’’ pungkasnya.

Di akhir pertandingan (17/10), untuk juara pertama pada Semen Indonesia Cup IV Kejuaraan Pencak Silat PSHT antar ranting se-Cabang Tuban tersebut juara pertama disabet Ranting Jenu dengan hadiah uang pembinaan Rp. 2 juta, piagam penghargaan dan trophy.

Untuk juara kedua diperoleh Ranting Singgahan dengan hadiah uang pembinaan Rp. 1,5 juta.

Dan juara ketiga diperoleh Ranting Palang dengan hadiah uang pembinaan Rp. 1 juta.

(met)

Berita Terkait

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa
Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh