Jokowi Di Mata Ibu-ibu Rumah Tangga

- Tim

Rabu, 21 November 2018 - 08:50

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Presiden Joko Widodo saat berkunjung dan berbelanja sayur dan telur di Pasar Sidoharjo, Kabupaten Lamongan, Jawa timur, Senin, (19/11/2018).

Presiden Joko Widodo saat berkunjung dan berbelanja sayur dan telur di Pasar Sidoharjo, Kabupaten Lamongan, Jawa timur, Senin, (19/11/2018).

LAMONGAN. Netpitu.com – Blusukan Presiden Jokowi ke Pasar Sidoharjo, Kabupaten Lamongan, Senin, (19/11), lalu, masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Lamongan dan sekitarnya.

Masyarakat tak henti-hentinya memperbincangkan kehadiran Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi di Pasar Induk Lamongan itu. Meski tidak bertemu langsung mereka mengelu-elukan dan memuji kesederhanaan dan keramahan Presiden Jokowi.

Seperti diungkapkan Supinah (37), warga Desa Babat, yang tengah membicarakan pengalamannya bertemu Jokowi di Pasar Sidoharjo, kepada beberapa tetangga rumah yang tengah mengerubunginya.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Ternyata sosok pak Jokowi itu orangnya biasa saja, sederhana, ramah pol dan santun banget. Nggak sombong, mau bersalaman dan ngomong-omong dengan rakyat kecil pakai bahasa Jawa kromo ( halus ),” ujar Supinah, pada para tetangganya yang ingin mendengar cerita tentang Presiden Jokowi di Pasar Sidoharjo, Lamongan.

Meski tidak sempat bersalaman dengan Presiden Jokowi, Supinah mengaku puas bisa melihat langsung Calon Presiden nomor 01 tersebut. Diapun meyakinkan tetangganya untuk memilih lagi Jokowi sebagai Presiden pada Pilpres nanti.

Baca Juga :  Usai Dilantik Khofifah Emil Dardak Genjot 3 Program Di 99 Hari Kerja Pertama

“Kalau aku jelas pilih Jokowi, sudah jelas kerjanya dan merakyatnya itu lho, nggak dibuat-buat,” tandas Supinah dalam obrolannya dengan tetangganya.

Seperti diberitakan, saat kunjungan kerjanya di Lamongan Presiden Joko Widodo menghadiri acara di STIKES Muhammadiyah Lamongan. Setelah itu, tanpa direncanakan Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambangi pasar tradisional Sidoharjo di Kecamatan Lamongan.

Mengetahui kedatangan Jokowi, warga masyarakat pun membludak menyerbu Pasar Sidoharjo, untuk melihat dan bertemu secara langsung orang nomor satu di Indonesia itu. Pasarpun dipenuhi warga yang mencegat Jokowi mulai dari pintu gerbang Pasar hingga dalam Pasar.

Sambil menyusuri area pasar, Presiden juga tampak sibuk meladeni permintaan jabat tangan dan permintaan swafoto dari warga yang kebetulan juga berada di pasar.

Baca Juga :  Sekolah di Bojonegoro Jadi Cluster Covid19 , Dinas Pendidikan Belum Ambil Kebijakan. PTM Jalan Terus

Di sana, Kepala Negara berbelanja sejumlah bahan pangan sekaligus memantau harga di pasaran.

Di tengah suasana pasar yang cenderung ramai, Presiden menanyakan langsung harga sejumlah bahan pokok kepada pedagang seperti harga kacang, beras, hingga cabai. Presiden tampak membeli beberapa bahan pangan di antaranya cabai, kacang tanah, beras, krupuk, sawo, juga babat.

Dalam kesempatan yang sama, Ibu Iriana juga tampak berbelanja di sejumlah kios berbeda. Ia terlihat memborong puluhan butir telur asin di salah satu kios yang dikunjunginya.

“Biasa, kalau ke pasar itu yang paling penting ngecek harga-harga. Waktu saya ke Pasar Bogor cabai masih di atas Rp 30 ribu, ini tadi saya beli sudah Rp 17 ribu,” kata Presiden di lokasi pada Senin, 19 November 2018.

Baca Juga :  Senam Goyang Dayung Jokowi Menggelora Di SMKN Rengel

Menurutnya, pemerintah selalu berupaya untuk menjaga keseimbangan harga komoditas pada posisi yang seimbang. Dengan itu, petani dan konsumen sama-sama mendapatkan hak mereka.

“Kalau rendah itu petani yang kasihan, kalau terlalu tinggi masyarakat yang kasihan. Inilah keseimbangan yang harus kita jaga supaya supply dan demand itu pada posisi yang baik, yang stabil, sehingga harganya tidak terlalu melonjak naik tapi juga tidak jatuh turun,” tuturnya.

Menurut Presuden Jokowi harga-harga kebutuhan poko di Pasar saat ini sangat terjaga. Secara nasional inflasi masih di bawah 3,5 persen. Sedangkan di Jawa timur, lanjut Jokowi, inflasinya masih diangka 1,78 persen.

“Jadi sangat stabil,” tandas Presiden Jokowi.

Sebelum meninggalkan lokasi Pasar Sidoharjo, Lamongan, Presiden Jokowi menyempatkan diri menyalami tukang becak yang mangkal di depan Pasar.

(ro)

Berita Terkait

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa
Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh