oleh

Dinas Pendidikan Wacanakan Program Pelatihan Pendidikan Karakter Untuk Guru

BOJONEGORO. Netpitu.com – Kepala Bidang Pendidikan SD ( Sekolah Dasar ), Dinas Pendidikan Bojonegoro, Drs. Chumaidi. MM, mengapresiasi atas inisiatif kegiatan Training Of Trainer ( TOT ) yang diinisiasi Pusat Kegiatan Gugus PAUD Handayani, Kecamatan Kedungadem dan guru SD Sumberagung 3, Dander, di Madin Miftahul Huda, Desa Genjor, Kecamatan Sugihwaras, Minggu, (22/12/2019).

Menurut Chumaidi, pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan kurikulum pendidikan K-13. Semua guru pendidik harusnya juga menjalani program kegiatan pelatihan pendidikan karakter seperti yang dilakukan oleh PKG PAUD Handayani, Kedungadem dan guru-guru SDN Sumberagung 3, Dander.

Baca Juga :  Dicemarkan Dengan Berita Hoax Pemdes Sambongrejo Bakal Lapor Polisi

Dikatakan Chumaidi, lembaga Madrasah Diniyah Miftahul Huda, Desa Genjor, Kecamatan Sugihwaras ini merupakan mitra Dinas Pendidikan yang telah menyelenggarakan pelatihan pendidikan karakter baik kepada siswa maupun guru pendidik.

Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan itu juga berharap di tahun mendatang kegiatan pelatihan pendidikan karakter ini bisa dimasukkan dalam program kegiatan Dinas Pendidikan, sehingga semua guru pendidik bisa menguasai ilmu pendidikan karakter.

Pendidikan karakter sebagaimana diwacanakan oleh menteri pendidikan, Nadiem Makharim, akan dijadikan tolok ukur penilaian dalam kelulusan siswa.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas SDM, Bupati Tuban Gelontorkan Hibah ke Madrasah dan Sekolah

Ketua PKG PAUD Handayani, Kecamatan Kedungadem, Wiwik, mengungkapkan rasa syukurnya lantaran Kabid SD Dinas Pendidikan Bojonegoro, telah berencana memasukan pelatihan pendidikan bagi guru pendidik dalam dalam program kerja dinas.

Banner IDwebhost

Dengan demikian nantinya semua guru pendidik di semua jenjang sekolah akan memiliki bekal ilmu dalam penerapan pendidikan karakter siswa di sekolah.

Iapun mengakui jika yang ikut pelatihan pendidikan karakter sekarang belum diikuti oleh semua guru TK dan PAUD di Kecamatan Kedungadem. Hal ini dikarenakan jadwal pelaksanaan kegiatannya bersamaan dengan kegiaran akhir semester di sekolah.

Baca Juga :  Ustad Nyalon Kades, Menang Kalah Kersaning Allah

“Kan banyak yang penerimaan raport. Insyaallah di pelatihan yang akan datang mereka ikut semua,” ujar Wiwik.

Sementara itu, kepala SDN Sumberagung 3, Dander, Drs. Ruslan Cholus, mengungkapkan dari 14 guru yang ada dilembaganya semua ikut pelatihan pendidikan karakter di Madin Miftahul Huda, Desa Genjor, Kecamatan Sugihwaras.

(ro)

Bagikan :