oleh

Sekda Bojonegoro : Soal Sholat Id di Rumdin Bupati Tak Ada Pertetangan Surat

BOJONEGORO. Netpitu.com – Sekretaris daerah Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, menegaskan tidak ada yang bertentangan antara surat undangan sholat Id di rumah dinas bupati dengan surat edaran bupati nomor 451/246/412.014/2020 tentang pelaksanaan zakat, takbir dan sholat Id.

Nurul Azizah kepada netpitu.com mengatakan bahwa rencana sholat Id yang akan dilakukan di rumah dinas bupati terbatas pada kepala dinas yang akan melakukan tugas pemantauan perayaan Idhul fitri 1441 H di Bojonegoro.

Nurul juga menampik adanya kabar bahwa surat undangan sholat Id di Rumdin bupati Bojonegoro yang dibuatnya itu atas perintah bupati.

Baca Juga :  Lagi-lagi Bupati Langgar Aturan Sendiri

“Tidak ada perintah bupati. Karena kepala OPD hari itu punya kewajiban laporan kepada Sekda. Untuk effektifnya, habis laporan tugas dilaksanakan ibadah sholat di rumah ( Rumdin ),” jelas Nurul Azizah, dikutip dari oesan Whatsapp-nya.

Setelah melaporkan hasil pemantauan mereka ( kepala dinas ) di lapangan yang dikoordinasikan oleh Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) dan Dewan Masjid Indonesia ( DMI ), lebih efektif jika mereka melaksanakan sholat Id di Rumdin bupati. Jumlah kepala dinas yang sholat pun terbatas yang bertugas di lapangan, tidak semua kepala OPD.

Baca Juga :  Sampaikan Tuntutan, Banteng Merah Putih Datangi DPRD Bojonegoro

“Setelah sholat Id selesai, mereka akan balik ke rumah masing-masing,” jelas Sekda Bojonegotpro, Nurul Azizah, kepada netpitu.com, Sabtu, (24/05/2020). Dengan demikian kepala dinas yang sebelumnya diajak sholat berjamash di Rumdin bupati tidak melakukan open house di Rumdin bupati.

Terkait dengan kebingungan masyarakat atas munculnya surat edaran dan undangan sholat Id di Rumdin bupati, Sekda Bojonegoro itu menjelaskan tidak ada yang dilanggar ataupun bertentangan dengan surat edaran bupati yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Baca Juga :  Agenda Reformasi Tak Boleh Berhenti, Bojonegoro Darurat KKN

Menurutnya surat edaran bupati menghimbau kepada warga Bojonegoro supaya melaksanakan sholat Id di rumah saja. Sholat Id di Rumdin bupati juga dilakukan di rumah, tentunya dengan tetap memperhatikan protokuler pencegahan penularan Covid-19.

Dengan demikian, Nurul Azizah meminta warga masyarakat tidak kebingungan untuk memedomani himbauan pelaksanaan sholat Id. Tetap ikuti himbauan pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia.

(yon/ro)