Makam Syech Maulana Ibrahim Asmoro Qondi Raih Penghargaan Terbaik I Wisata Jatim

- Tim

Kamis, 25 Oktober 2018 - 11:01

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Kabupaten Tuban kembali mendapat penghargaan tingkat Jawa Timur, kali ini Wisata Religi Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi meraih Penghargaan Terbaik Pertama Anugerah Wisata Jawa Timur (AWJ) Tahun 2018 dalam kategoridaya tarik Wisata Budaya, Penghargaan itu diberikan oleh Sekda Provinsi Jatim, Heru Tjahjono di ballroom hotel Mercure, Surabaya, Selasa malam (23/10/18).

Ketua Yayasan Masjid Ibrahim Asmoroqondi, Sukardi menerima penghargaan secara langsung  didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Drs. Sulistyadi, MM. 

Pada kategori yang sama makam Ayah dari Sunan Ampel ini berhasil mengungguli  beberapa destinasi wisata lainnya di Jawa timur seperti Desa Wisata Aeng Tong-Tong Kabupaten Sumenep dan  Desa Wisata Bumi Aji Kota Batu.

Selain kategori Wisata Budaya diserahkan pula penghargaan AWJ 2018 kategori daya tarik wisata alam yang diraih oleh  Air terjun Tumpak sewu Kabupaten Lumajang, Wisata Gunung Kelud  Kabupaten Kediri dan Wisata Watu Rumpuk Kabupaten Madiun. Sedangkan untuk pemenang kategori daya tarik wisata buatan adalah Kampung Coklat Kabupaten Blitar,  Atlantis Land Kota Surabaya dan Wisata edukasi pusat peneliti kopi & kakao park Kabupaten Jember.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Drs. Sinarto menjelaskan bahwa dari data yang ada saat ini jumlah Wisatawan Dunia mencapai 1,4 milyar,  Wisatawan di Asia sebanyak 300 juta, di Indonesia Jumlah wisatawan sebanyak 17 Juta dan di Jawa Timur hanya mendapatkan 5 persen atau sejumlah 690 ribu saja. 

Baca Juga :  Anna Muawanah Gowes Bareng Biker Di Ringinrejo

“Oleh sebab itu, Disbudpar Jatim  mencoba mencoba menaikkan pergerakan pariwisata di jatim, salah satunya dengan melaksanakan AWJ, hal tersebut juga dalam ranga mendorong daya saing destinasi dan daya saing komitmen pemerintah daerah guna membangun komitmen di bidang pariwisata.” Ujarnya

Sementara itu Sekdaprov Jatim menambahkan bahwa masalah terbesar yang saat ini sering ditemui pada pengelolaan pariwisata adalah masalah kebersihan, oleh sebab itu sekda menghimbau kepada semua Kepala Daerah dan Pelaku usaha wisata untuk serius dalam menangani masalah ini.

“Agar dapat menaikkan kunjungan wisatawan, Pengelola tempat wisata harus digarap dengan lebih serius lagi. Perhatian Pemerintah Daerah juga diharapkan lebih maksimal lagi” Imbuhnya.

Baca Juga :  Perkuat Ketahanan Pangan DKP Harus Dekati Petani dan Penyedia Pangan

Kabid Pariwisata Pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tuban, Suwanto, SE mengungkapkan bahwa potensi kunjungan wisata di Kabupaten Tuban terutama dalam wisata Religi sangatlah besar, tercatat data tahun 2017 sebanyak 5,803,318 wisatawan telah mengunjungi Kabupaten Tuban, dari data itu 2,460,377 wisatawan berkunjung ke Makam Sunan Bonang dan 2,193,725 wisatawan berkunjung ke Makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi.

Suwanto menambahkan bahwa didapatkannya penghargaan AWJ oleh wisata religi makam maulana Ibrahim Asmoro Qondi tidak hanya dilihat dari jumlah wisatawan, tetapi juga dari manajemen pengelolaan tempat wisatanya serta pemberdayaan kepada masyarakat sekitar sehingga dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat.

(met)  

Berita Terkait

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa
Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh