oleh

Mulai Hari Ini Pemkab Tuban Terapkan Kerja Shift

-GOODNEWS-36 views

TUBAN. Netpitu.com – Untuk meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan Covid-19, Pemkab Tuban mengeluarkan Surat Edaran berkaitan pengaturan hari kerja Aparatur Sipil Negara (ASN), Kamis (26/03/2020).

Kebijakan tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri tentang Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah dan Surat Menpan-RB tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN.

Surat bernomor 800/1787/414.202/2020 ditujukan kepada seluruh pimpinan OPD dan BUMD; Direktur RSUD Koesma dan RSUD Ali Manshur. Surat Edaran tersebut mengisyaratkan pengaturan hari kerja ASN berupa Sistem Shift Hari Kerja. Artinya, ASN diharuskan 1 hari bekerja di kantor dan 1 hari bekerja di rumah. Adapun ketentuan sistem shift hari kerja yaitu, pengaturan jadwal kerja dilakukan oleh pimpinan OPD secara proporsional.

Baca Juga :  Lawan Covid-19 Pemdes Kapas Sosialisasikan Bahaya Virus Corona ke Warga

Sistem shift hari kerja diberlakukan selama masa kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 yang akan dimulai sejak 27 Maret-3 April 2020. Pemberlakuan ini mempertimbangkan perkembangan kondisi serta kebutuhan.

Pemberlakukan sistem shift hari kerja tidak berlaku bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama; Administrator; Perangkat Daerah di bidang pelayanan publik; dan ASN yang bertempat tinggal jauh dari tempat kerjanya. Kebijakan tersebut juga mempertimbangkan ketentuan lainnya.

Baca Juga :  Bantu Tugas Polisi, Kapolres Tuban Beri Penghargaan Pada Warga

Lebih lanjut, ASN yang pulang dari perjalanan luar daerah atau memiliki resiko terinfeksi Covid-19, diharuskan medical check up di RSUD Koesma atau Rumah Sakit rujukan terdekat. Selain itu, ASN yang tidak enak badan atau mengalami sakit dengan gejala mengarah Covid-19 agar tidak masuk kerja dan segera memeriksakan diri.

Pada surat tersebut, pimpinan OPD diwajibkan memastikan seluruh ASN di lingkup kerjanya pada saat bekerja di rumah benar-benar tidak keluar rumah apalagi keluar kota. Setiap tugas yang diberikan harus diselesaikan tujuannya agar target kinerja dapat tercapai.

Banner IDwebhost

(met)

Bagikan :