oleh

Antisipasi Kebakaran Hutan, Perhutani KPH Parengan Siagakan Satgas Dalkarhutla

-PERISTIWA-170 views

TUBAN. Netpitu.com – Pada titik koordinat: 7°4.17184″S 111°51.1044″E, 1. di petak 65A1, RPH Ponco, BKPH Parengan Selatan masuk wilayah administrasi pemerintah Desa Parangbatu, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban telah terjadi kebakaran hutan sekitar pukul 14.00.

Luas baku areal kawasan hutan ini adalah 30,10 ha dan jenis tanaman hutan jati yang terbakar adalah lokasi tanaman jati tahun 1995. Sedangkan kelas hutan itu masuk Kelas Umur (KU) III.

Berdasarkan sumber informasi dari petugas dan anggota LMDH Jati Asri, Suwarno yang kebetulan berhasil ditemui media ini saat melintas berpapasan berpatroli mengatakan, kronologis kejadian petugas yang berpatroli tersebut kedapatan di petak 65AI melihat kepulan asap.

Baca Juga :  Hadapi Kemarau, BPBD Bojonegoro Siapkan 1000 Tangki Air Bersih

“Awalnya kami juga sedang melintas dan melihat kepulan asap menghitam membumbung cukup tinggi. Setelah kami dekati bersama Pak Manttri dan Pak Mandor ternyata kepulan asap itu berarasal dari tumpukan selasah daun-daun kering yang sengaja dibakar seseorang dan ditinggal begitu saja,” ujar Suwarno kepada netpitu.com dilokasi kebakaran sembari memadamkan sisa-api kecil.

Baca Juga :  Warga Ngampel Tuntut Ganti Rugi dan Kompensasi Bau Busuk Pengeboran Sumur Minyak Pertamina

KRPH Ponco, Pujianto turut menjelaskan, api yang berhasil dipadamkan tersebut hampir membakar kawasan hutan itu seluas 1,0 ha. Dan api yang berhasil dipadamkan sekitar 1 jam lamanya. Meski dengan alat sederhana berupa gepyok dan ranting basah, keempat orang berhasil menyalamatkan tanaman jati muda tersebut.

Untuk mencegah tidak terulang kembali bencana kebakaran hutan di wilayah hutan KPH Parengan yang lain, Waka Adm KPH Parengan, selaku Korkam menjelaskan ke media ini, secara partisipatif masyarakat, jajaran petugas Polhut Pehutani bersama LMDH akan membuat ilaran-ilaran sekat di tempat-tempat yang rawan bencana kebakaran.

Baca Juga :  Warga Ngampel Tuntut Ganti Rugi dan Kompensasi Bau Busuk Pengeboran Sumur Minyak Pertamina

“Kami juga akan mengadakan patroli rutin 24 jam bersama masyarakat di tisp pos PTM yang ada,” ungkapnya saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Kamis, (27/08/2020)

(met)

Bagikan :