Datang Ke Bojonegoro Ketua DPP PDIP Tinjau Waduk Pacal dan Waduk Gongseng

- Tim

Selasa, 28 Juli 2020 - 18:59

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO. Netpitu.com – Ketua DPP PDI Perjuangan, Nusyirwan Sujono, didampingi Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, Ketua DPC PDIP Bojonegoro, DPD PDIP Jawa timur, Sri Untari Bisowarno dan beberapa kepala OPD, Selasa, (28/07/2020), meninjau ketersediaan air Waduk Pacal, Kec. Temayang, Bojonegoro.

Setibanya di Waduk Pacal, rombongan DPP PDI Perjuangan langsung melakukan diskusi di balai pertemuan Waduk Pacal. Kehadiran Ketua DPP PDI Perjuangan Nusyirwan Soedjono di Kab. Bojonegoro merupakan perintah DPP PDI Perjuangan untuk mendukung kedaulatan pangan serta mengecek kondisi air waduk dan melihat kecukupan air di Bojonegoro, musim kemarau ini.

Menurut Nusyirwan, air sungai bengawan solo sangatlah penting untuk menunjang produksi pertanian mulai dari wilayah hulu Kabupaten Wonogiri Jateng hingga hilir yakni Kabupaten Gresik Jawa Timur, dan melewati 19 Kabupaten. Sehingga jangan sampai suplai air bengawan solo tersebut terputus di wilayah tertentu dan terbuang semua ke laut.

Untuk memaksimalkan produksi pertanian, maka hal utama yang harus diperhatikan adalah air. Dalam satu tahun ini Kab. Bojonegoro menghasilkan 7 ribu ton, dan agar produksinya bisa stabil dan meningkat, perlu adanya kesetabilan air untuk kebutuhan pertanian.

Mengingat saat ini menghadapi masa pandemi covid 19 dan memasuki musim kemarau, kebutuhan akan sumber pangan untuk kebutuhan pangan harus tetap terjaga, di wilayah Bojonegoro khususnya.

Baca Juga :  Marga Huang dan Katolik Tuban Serahkan Bantuan APD

Menyikapi hal tersebut, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah berharap progress pembangunan waduk Gongseng cepat selesai agar bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Bojonegoro,.untuk pertanian yang produktif dan hasil panen yang baik. Karena dengan ketersediaan air yang cukup hasil panen pun akan juga bagus.

Saat ini Pemkab Bojonegoro juga telah mengajukan untuk dibuatkan blue print ke Kementrian PUPR untuk irigasi pertanian tahun 2020-2040, sehingga nanti Waduk Pacal, Waduk Gongseng, Waduk Karangnongko, Waduk Pejok dapat berfungsi maksimal mencukupi kebutuhan air lahan pertanian Bojonegoro.

Selama ini, Pemkab Bojonegoro memanfaatkan air Bengawan Solo untuk kebutuhan irigasi, di Waduk Karangnongko kubutuhannya seluas 6.950 ha yang terdiri : di Karangnongko kiri 1747 ha-2,85 m³/second, Karangnongko kanan : 5.203 ha-7,92 m³/second. Sedangkan untuk kebutuhan air rumah tangga Kota dan Industri wilayah Kab. Bojonegoro, PDAM Kab. Bojonegoro 8,835 juta m³ atau 2801/second.

Baca Juga :  4,5 Persen Warga Bojonegoro Tak Buang Air Besar di Jamban

Usai tinjau lokasi Waduk Pacal, Bupati beserta rombongan langsung melanjutkan perjalanan untuk tinjau lokasi pembangunan Waduk Gongseng yang saat ini masih dalam progress pengerjaan.

Menurut Bupati, di Bojonegoro mengalami dua kali musim tanam, sehingga dengan adanya Waduk Gongseng ke depan mampu mencukupi kebutuhan air lahan pertanian hingga wilayah tengah seperti kecamatan sumberrejo dan sekitarnya, dimana selalu kesulitan air disaat musim kemarau tiba.

(ro)

Berita Terkait

Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media
Pameran Bonsai Dan Edukasi Bonsai di MCM

Berita Terkait

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Jumat, 17 November 2023 - 09:13

Bawaslu RI Gelar Sidang Laporan Anwar Sholeh, Soal Penetapan DCT DPR, Anna Mu’awanah

Rabu, 26 April 2023 - 19:32

DPC PPP Bojonegoro Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:09

DPD Golkar Bojonegoro Minta Airlangga Hartarto Segera Deklarasikan Diri Sebagai Capres 2024

Berita Terbaru

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00