oleh

Petugas Dalkarhutla Dan LMDH Siap Tangkal Kebakaran Hutan

-GOODNEWS-61 views

TUBAN. Netpitu.com – Selasa tgl 28 juli 2020, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jatirogo menggelar apel siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) dengan jumlah pesera kurang lebih sebanyak 65 orang yang dipusatkan di petak 16 B wilayah Resot Pemangku Hutan (RPH ) Demit, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan ( BKPH ) Sekaran.

Kegiatan tersebut di Ikuti oleh jajaran petugas Perhutani KPH Jatirogo, Forkopimcam Kecamatan jatirogo, (BPBD) Pemadam Kebakaran Jatirogo, 6 pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH) dan tokoh masyarakat Desa Demit.

Administratur KPH Jatirogo Panca PM Sihite yang bertindak sebagai pembina apel siaga Dalkarhutla menututurkan tujuan diadakan apel tersebut untuk menyiapkan petugas (Perhutani) dan semua masyarakat yang berhubungan dengan kawasan hutan dalam menghadapi musim kemarau yang biasa tiap tahunnya rentan akan bencana kebakaran hutan.

Baca Juga :  Kampanyekan Protokol Kesehatan Polres Bojonegoro Bagikan Masker Gratis

Menurutnya, dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan pihaknya telah bekerja sama dengan stakeholder/Forkopimcam Kecamatan Jatirogo, di wilayah kerjanya.

“Apel siaga Dalkarhutla ini menjadi momen penting untuk meningkatkan kewaspadaan semua pihak mencegah dan menangkal terjadinya ke bakaran hutan.
Dalam menyikapi momen tersebut kita jangan lupa harus tetap menjalankan protokol kesehatan akan semakin meluasnya pandemi Covid-19 di Jatirogo. Saya berpesan agar tetap rajin cuci tangan, pakai Masker, jaga jarak,” tuturnya.

Baca Juga :  Wabup Tuban Instruksikan Pemetaan Kerawanan Bencana Tiap Wilayah

Sementara itu Kapolsek Jatirogo AKP Elis Seudayanti selaku perwakilan Forkopimcam Kecamatan Jatirogo menyampaikan diadakannya apel tersebut sebagai antisipasi dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan.yang ada di wilayah Jatirogo, yang sudah ditandai dengan semakin berkurangnya curah hujan.

“Masalah ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri dan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak. Baik petugas Perhutani KPH Jatirogo maupun Masyarakat Jatirogo. Tak lupa peran para pengurus dan anggota LMDH, ” katanya.

Banner IDwebhost

Usai apel Administratur KPH Jatirogo Panca PM Sihite berserta Forkopimcam secara simbolis memberikan dan menyerahkan sejumlah alat-alat Dalkarhutla kepada LMDH dan petugas Polhut yang sudah siap untuk beraksi di lapangan.

Baca Juga :  Bupati Minta Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Dihukum Berat

(met)

Bagikan :