oleh

Bertambah 26 Orang, Hari Ini Angka Tertinggi Pasien Konfirmasi Covid19 di Tuban

-PERISTIWA-221 views

TUBAN. Netpitu.com – Status zona merah penyebaran Covid-19 yang disandang Kabupaten Tuban sepertinya masih akan bertahan untuk beberapa waktu ke depan, menyusul pertambahan pasien terkonfirmasi positif yang cukup tinggi hari ini.

Dari data yang dirilis oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Minggu (30/08/20) tercatat penambahan 26 Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 baru yang tersebar di beberapa kecamatan.

“Hari ini ada penambahan 26 pasien baru dari beberapa kecamatan, hal ini menunjukkan penyebaran penyakit yang diakibatkan virus corona ini masih sangat tinggi, hal ini harus menjadi perhatian bersama.” ujar Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, ST, M.Kes.

Baca Juga :  Hadapi Kemarau, BPBD Bojonegoro Siapkan 1000 Tangki Air Bersih

Banyaknya pasien baru menjadikan Gugus Tugas bekerja ekstra melakukan tracing di beberapa tempat, karena saat ini memang sulit menentukan dari kluster mana mereka terkena virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina ini.

Untuk itu kesadaran akan pentingnya penerapan dan disiplin protokol kesehatan harus semakin ditingkatkan kapanpun dan dimanapun berada.

“Kepada masyarakat, tidak pernah bosan saya mengingatkan untuk menggunakan masker dengan benar tanpa diturunkan, sering cuci tangan menggunakan sabun serta jauhi kerumunan dan menjaga jarak fisik dengan siapa pun di manapun berada.” tutur Endah Nurul.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini menambahkan bahwa Pemkab Tuban akan melakukan pengetatan dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan,

Baca Juga :  Warga Ngampel Tuntut Ganti Rugi dan Kompensasi Bau Busuk Pengeboran Sumur Minyak Pertamina

Saat ini tengah disusun Peraturan Bupati (Perbup) yang akan memuat sanksi lebih tegas.

Diberlakukannya sanksi dalam Perbup baru tersebut, termasuk adanya pengenaan sanksi administratif disesuaikan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Sementara itu, dari 26 orang terkonfirmasi positif Covid-19 baru jika dirinci adalah dari Kecamatan Tuban (+3), Palang (+2), Plumpang (+2), Widang (+2), Semanding (+5), Jenu (+2), Soko (+1), Kerek (+5), Merakurak (+2) dan Rengel (+2).

Baca Juga :  Warga Ngampel Tuntut Ganti Rugi dan Kompensasi Bau Busuk Pengeboran Sumur Minyak Pertamina

Sedangkan pasien sembuh berasal dari Kecamatan Semanding berjumlah 2 orang dan pasien meninggal dunia juga berjumlah 2 orang berasal dari Kecamatan Palang dan Widang masing-masing 1 orang.

Secara kumulatif jumlah Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 per hari ini adalah 380 orang dengan keterangan jumlah Pasien Sembuh sejumlah 248 orang, pasien meninggal dunia 49 orang dan jumlah Pasien masih dalam perawatan dan isolasi sebanyak 83 orang.

(met)

Bagikan :