oleh

Panen Padi di Bendo Per Hektar Sawah Produksi 9,5 Ton Gabah

 

BOJONEGORO. Netpitu.com – Babinsa Koramil 0813-02 Kapas Serda Adi dan kelompok petani padi Mekar Jaya melaksanaan panen padi di Desa Bendo Kecamatan Kapas, Kamis (01/02). Bersama Babinsa, para petani padi bersemangat memanen padi di lahan seluas 5 Ha.

Serda Adi mengatakan, sebelum  dipanen kami bersama melakukan pengubinan. Hasilnya didapatkan kalkulasi 9,5 Ton per hektarnya, tentu sangat melegakan bagi kami.

“Pengubinan ini merupakan salah satu teknik dalam meminimalisir kerugian para petani padi dari para tengkulak dengan sistem jual ijon. Dengan pengubinan maka dapat didapatkan estimasi hasil panenan padi, sehingga dampak positifnya dapat dirasakan oleh para petani padi,” ungkapnya.

Serda Adi juga menuturkan, panen padi kali ini mendapatkan hasil yang cukup signifikan yaitu 47,6 Ton dengan lahan seluas 5 hektar milik Poktan Mekar Jaya.

“Langkah pendampingan ini juga membantu Bulog dalam penyrapan gabah sehingga mampu mencukupi kebutuhan Kabupaten dan juga bagi Provinsi,” tandasnya.

Kepada media Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto S. Sos menegaskan, TNI akan selalu siap mendampingi para petani dengan cara mengoptimalkan peran Babinsa dan berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan Nasional.

Perjuangan TNI AD bersama petani dalam mewujudkan kedaulatan pangan menuju ketahanan pangan Nasional tak kan pernah berhenti. Menjadi Raja Pertanian Asia bukanlah suatu hal yang mustahil bagi seluruh rakyat Indonesia, mari singsingkan lengan baju dan bekerjasama menuju Indonesia yang Jaya.

(dan)