oleh

Bupati Tuban Siapkan Bonus Rp 1 Milyar Bagi Atlet Berprestasi di Porprov

TUBAN. Netpitu.com – Bupati Tuban, H. Fathul Huda memberangkatkan 452 personil kontingen Kabupaten Tuban pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VI tahun 2019, Senin (01/07/2019), di Pendopo Kridho Manunggal Tuban.

Dalam sambutannya, pemberangkatan yang juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Tuban, Sekretaris Daerah,Ketua KONI, dan pimpinan BUMD disampaikan kalau Porprov menjadi wadah untuk mengukir prestasi bagi atlet. Karenanya, atlet harus memotivasi diri untuk menjadi lebih baik.

“Tidak ada prestasi tanpa kompetisi,” ungkap Bupati. Oleh karena itu, Pemkab Tuban memberi perhatian lebih pada pengembangan olah raga di Bumi Wali.

Berbagai fasilitas juga terus ditingkatkan untuk mengakomodir pengembangan potensi atlet dan masyarakat.

Diantaranya pembangunan Stadion Bumi Wali di Kompleks Tuban Sport Center dan venue cabor Paralayang di Bukit Glodakan desa Trantang, Kerek.

Bupati juga menyatakan bahwa target 10 medali emas pada Porprov Jatim 2019 ini, bukan menjadi sesuatu yang mustahil, tetapi realistis.

Selain Kabupaten Tuban menjadi tuan rumah, KONI Tuban juga telah melakukan berbagai persiapan untuk kontingen dan Pemkab telah menyiapkan anggaran sebesar 1 milyar bagi atlet dan pelatih yang memperoleh medali.

“Besarannya akan disesuaikan dengan prestasi yang diraih atlet dan pelatih,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati menerangkan bahwa olahraga dapat mempersatukan bangsa, merekatkan hubungan antar generasi, melatih diri bersikap sportif dan jujur.

Dengan berolahraga masyarakat dapat menghindarkan diri dari berbagai perilaku negatif seperti tindak kriminal, kenakalan remaja, maupun penyalahgunaan narkoba.

Bupati dua periode menginstruksikan seluruh pihak terkait harus mendukung dan optimis untuk memperoleh dan atlet-atletnya dapat berprestasi.

Para kontingen diminta untuk terus bersemangat dan kerja keras.

“Jangan sampai target menjadi beban, tetapi menjadi motivasi untuk berbuat lebih,” serunya selagi berjanji akan mengunjungi semua venue di Kabupaten Tuban, bersama Forkopimda dan OPD.

Tidak hanya berpesan pada para atlet dan pelatih, Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat untuk ikut menyukseskan ajang olahraga akbar tingkat Jawa Timur ini.

Tidak hanya itu, pesannya untuk masyarakat Tuban harus mampu menjadi tuan rumah yang baik, menciptakan kesan yang ramah dan nyaman bagi seluruh tamu yang berkunjung ke Kabupaten Tuban.

“Juga mari kita bisa memanfaatkan ajang Porprov Jatim ini untuk mempromosikan berbagai potensi daerah, baik objek wisata, kuliner maupun produk lainnya,” ungkapnya saat sempat ditemui netpitu.com dilokasi.

Sementara itu, Ketua KONI Tuban, H Mirza Ali Manshur,ST.,MT dalam laporannya menyebutkan Kabupaten Tuban mengirim 452 personil yang terdiri dari 363 atlet dan 89 pelatih untuk berkompetisi di 36 cabor dari 40 cabor.

“Guna meraih prestasi terbaik, KONI Tuban telah melakukan pemusatan pelatihan sejak 2017 untuk kontingen Bumi Wali, baik untuk atlet maupun pelatih, paparnya.

Dari jumlah tersebut 221 atlet dan pelatih telah mengikuti program TC sentralisasi dan 231 atlet ataupun pelatih juga sudah mengikuti desentralisasi kepelatihan.

Dalam hal ini kata Mirza Ali Kontingen Bumi Wali ditargetkan masuk peringkat 10 Besar.

“Sedangkan untuk target poin sebanyak 155 atau sudah meningkat 3 kali lipat dari Porprov sebelumnya,” cetusnya.

(met)