oleh

Fraksi Nasdem Nurani Rakyat Terima LPJ Bupati Dengan Catatan

BOJONEGORO. Netpitu.com – Fraksi Partai Nasional Demokrat ( Nasdem ) Nurani Rakyat menerima laporan pertanggungjawaban keuangan bupati kepala daerah Kabupaten Bojonegoro atas pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018, dengan catatan.

Dalam penyampaian pendapat akhir rapat paripurna pertanggungjawaban bupati, juru bicara fraksi Nasden Nurani Rakyat, Ali Mustofa, menegaskan dalam meningkatkan hasil pendapatan daerah Pemkab harus melakukan inventarisasi potensi obyek pajak dan retrebusi daerah.

Pemutakhiran data obyek pajak dan retrebusi juga harus diimbabangi dengan penagihan yang optimal dengan melibatkan SKPD terkait.

Hal dimaksudkan untuk mengimbangi ketergantungan pendapatann daerah pada sektor migas.

Terkait DAK pendidikan yang terhambat pencairannya katena pengelolaan managemen yang buruk, Ali Mustafa meminta pihak eksekutif meningkatkan perencanaannya agar program-program yang bersentuhan dengan rakyat secara langsung dapat terealisasi tepat waktu dan sasaran.

Fraksi Nasdem Nurani Rakyat juga menekankan perlu adanya evaluasi terhadap program-program yang telah direncanajan SKPD namun tudak dapat direalisir. Mereka berharap Pemkab Bojonegoro lebih mengutamakan program -program pemerintah yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

“Seperti, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan fasilitas umum lainnya,” kata Ali Mustofa, saat membacakan pandangan umum akhir pada rapat paripurna DPRD Bojonegoro, Senin, (1/6/2019).

Berkenaan dengan SILPA tahun anggaran 2018, sebesar Rp. 2,17 triluyun, Nasden Nurani Rakyat memandangnya sebagai anomali. Dimana ketika terjadi banyak kasus gagal bayar, di sisi lain terdapat Silpa yang begitu besar.

(ro)