oleh

LMDH Leran Terima Dana Sharing Produksi Kayu Dari Perhutani KPH Parengan

BOJONEGORO. Netpitu.com – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan menyerahkan dana bagi hasil (sharing) produksi kayu sebesar Rp 380 Juta lebih kepada 38 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) bertempat di kantor KPH Parengan Jalan Teuku Umar, Selasa (30/06/2020)

Dana sharing tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Administratur Perhutani KPH Parengan mewakili Administratur KPH Parengan yang sedang tidak bisa hadir kepada 3 orang Ketua LMDH sebagai perwakilan penerima-penerima dana tersebut.

Perwakilan LMDH tersebut yaitu Ali Rohim dari LMDH Leran Bina Lestari menerima sebanyak Rp 41.295.983.00.

Kemudian, Dasmani dari LMDH Wono Indah Rp 37.026.824.00 dan Lariyanto dari LMDH Kedung Wono Jati Rp 34.282.464.00

Penyerahan tersebut di hadiri dan disaksikan segenap manajemen Perhutani KPH Parengan, perwakilan 3 LMDH, Kepala Desa Leran, Kepala Desa Tanggulangin, Kepala desa Kedungrejo serta Tim Pedamping Masyarakat (TPM), Hasip dan Ketua Paguyuban LMDH Mulyono.

Di tempat terpisah Administratur KPH Bojonegoro yang merangkap menjabat Adm KPH Parengan, Dewanto menyampaikan ke wartawan netpitu.com, bahwa penyerahan dana sharing ini adalah hasil produksi kayu tahun 2018 untuk 38 LMDH yang berada dibawah pangkuan hutan Perhutani KPH Parengan.

“Dari dana sharing produksi yang diberikan sebesar Rp 380.605.117.00
Saya berpesan dengan dibagikannya dana sharing kayu tahun 2018 tersebut diharapakan dapat bermanfaat dan penggunaannya sesuai dengan pengajuan proposal rencana pemanfaat sharing yang ada dalam lembaga serta memotivasi pengurus dan anggota LMDH.

Menurutnya penggunaan dana tersebut agar dapatnya meningkatkan semangat dalam bekerja sehingga dapat mencapai target produksi yang telah ditetapkan dan juga dapat meningkatkan keberhasilan kerjasama di bidang pekerjaan lainnya dan tetap selalu menjaga kelestarian hutan.

Sementara itu ketua Leran Bina Lestari Ali Rohim salah satu penerima dana bagi hasil produksi kayu tersebut mengungkapkan rasa syukur dan rasa terimakasih atas penerimaan dana sharing ini.

“Akan kami manfaatkan dana pembagian sharing ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati bersama dengan semua anggota kami khususnya untuk memberdayakan masyarakat petani hutan ,”ungkap Ali Rohim.

Kata Ali Rohim tersirat perlu diketahui bahwa LMDH yang dipimpinnya sangat dahaga untuk dapatkan dana bagi hasil tersebut. Lantaran sudah bertahun-tahun ditunggu hasil jerih payah petani di desanya baru mendapat dana itu.

(met)