oleh

Agustusan Istana Merdeka Gelar Zikir Bersama Ulama dan Santri

JAKARTA. Netpitu.com – Presiden Joko Widodo menggelar zikir bersama di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta Selasa (1/8). Gelaran doa bersama ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan kemerdekaan RI ke-72. Ada seribu tamu undangan yang direncanakan hadir. Mulai dari para ulama hingga santri dan santriwati. Acara zikir bersama dimulai dengan salat Maghrib berjamaah di halaman depan Istana Merdeka.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin mengapresiasi Presiden Joko Widodo karena menggelar zikir bersama di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

“Memang ini (zikir bersama) yang pertama kali dan mudah-mudahan akan terus dilakukan setiap bulan Agustus mengawali peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus. Amin…,” kata Ma’ruf saat memberikan sambutan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/8).

Zikir bersama ini, lanjut dia, guna mensyukuri nikmat Tuhan yang diberikan kepada Indonesia yakni kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Selain nikmat kemerdekaan, dzikir dilantunkan untuk mensyukuri adanya Pancasila sebagai dasar negara.

“Indonesia mempunyai dasar negara yang dapat mempersatukan seluruh elemen bangsa,” ucapnya.

Patut juga disyukuri Indonesia memiliki tanah air yang subuh dan makmur. Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah. Melalui dzikir bersama ini, Ma’ruf yakin bisa mengetuk pintu langit agar Tuhan menjadikan Indonesia negara aman dan damai.

“Hari ini kita sangat memerlukan berkat dan rahmat Allah,” tuntasnya.

(As)