oleh

Cegah Korupsi Dua Penggugat Kerjasama PI Minta Bupati Tak Cairkan Deviden dan Saham Seri C

-EKONOMI, HUKUM-346 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Cegah terjadinya kerugian negara akibat pembayaran bagi hasil keuntungan atas kerjasama penyertaan modal Particypating Interest ( PI ) blok Cepu, dua penggugat kerjasama PI Bojonegoro, kirimkan surat ke Bupati Bojonegoro.

Surat yang dikirim via pos pada Kamis, (01/10/2020) tersebut berisikan tentang rencana penarikan modal setor PT SER, melalui pembelian saham seri C dan pembagian deviden oleh Pemkab Bojonegoro, yang akan dilakukan pada 8 Oktober 2020 mendatang, dianggap krusial dan berpotensi terjadinya pelanggaran hukum,pidana korupsi.

Lantaran perjanjian yang dibuat oleh PT SER dan PT ADS yang ditanda tangani Bupati Bojonegoro dianggap cacat hukum dan harus dianggap tidak mempunyai kekuatan hukum “nietegheid van rechtswege”;

Baik Agus Susanto Risamanto mapupun Anwar Sholeh, yang memperkarakan kerjasama penyertaan modal PI antara Pemkab Bojonegoro dan PT. SER meminta kepada bupati Bojonegoro untuk tidak melakukan pembayaran penarikan modal setor PT. SER dan pembagian deviden. Karena persoalan tersebut tengah diperkarakan di Pengadilan Negeri Bojonegoro.

Dua penggugat juga meminta agar Bupati Bojonegoro untuk menghormati proses tersebut dan memerintahkan PT ADS untuk tidak melakukan perbuatan keperdataan yang berhubungan dengan pembagian deviden maupun segala hal menyangkut dana Participating interest.

“Segala tindakan yang bertentangan dengan keputusan pengadilan dibelakang hari akan memiliki konsekwensi hukum baik secara Perdata, Tata Usaha Negara maupun Pidana,” ujar Agus Susanto Rismanto dan Anwar Sholeh, dikutip dari surat yang dikirimkan kepada bupati Bojonegoro.

(ro)