oleh

Tahun Baru Pantai Sowan Tuban Diserbu Pengunjung

TUBAN. Netpitu.com – Pantai Sowan dan Kolam pemanian air hangat, Nganget, menjafi destinasi wisata yang paling diminati oleh pengunjung pada liburan Tahun baru 2019 ini.

Sejak dibangun dan dipromosikan sebagai destinasi wisata alam oleh Perum Perhutani, Pantai Sowan mulai dikenal srbagai tujuan wisata utama fi Tuban, selain Makam Sunan Bonang, dan pantai Ngeboom.

Pada musim liburan sekolah, pantai Sowan tak pernah sepi daru kunjubgan wisatawan. Baik wisatawan Tuban maupun luar kota Tuban.

Sejak awal liburan yang cukup panjang tersebut benar-benar membludak pengunjungnya, terang salah satu petugas di pantai Sowan.

“Sedikitnya sejak tanggal 22 Desember 2018, pengunjung di wisata Pantai Sowan hingga sore hari mencapai 394 orang. Sedangkan yang untuk wisata pemandian Nganget 2 kali lipatnya hingga mencapai 682 pengunjung,” ungkap Administratur Perhutani KPH Jatirogo, Panca Sihite, saat dihubungi netpitu.com, Selasa, (1/1/2019).

Baca Juga :  Wabup Hadiri Satu Dekade Restorasi DPD NasDem Bojonegoro

Sejak pagi, misalnya di Sowan, yang berada di Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tubam mulai berjubel-jubel didatangi orang dari berbagai wilayah di Kabupaten Tuban mereka sengaja datang ke Pantai ini untuk mengisi liburan di tahun baru 2019.

Tidak seperti hari biasanya atau hari libur libur lainnya, pada liburan tahun baru ini, tempat yang menyajikan pesona pantai, hutan dominasi pohon klampis, ini pengunjung mengalami peningkatan yang luar biasa, hal tersebut tampak dari jumlah kendaraan di lokasi parkir dan juga jumlah pengunjung dilokasi ini.

“Sejak pagi pengunjungnya sudah mulai berdatangan, didalam saja hampir tidak bersela selalu datang pengujung baik bersepeda motor maupun roda empat atau lebih,” ungkap Eko pimpinan pengelola wisata tersebut kala ditemui media ini.

Baca Juga :  Xendit - PT. Sinar Digital Terdepan Kebobolan Salah Transfer Rp. 8 Milyar

Kata Murgunadi, (52), pengunjung asal kota Cepu Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah yang datang bersama keluarganya.

“Mereka memilih tempat ini dengan alasan suasana alami dan juga dekat dari perkotaan sehingga warga tidak usah jauh jauh untuk mencari tempat keramaian guna mengisi liburan tahun baru bersama keluarga,” ungkapnya.

Rata rata pengunjung Sowan dan Nganget ini berasal dari Kota Tuban, Cepu, (Blora), Rembang dan Lasem Dander, Ngasem dan kota yang dekat dengan Tuban.

Bahkan karena banyaknya pengunjung hingga membuat lokasi parkir dipenuhi dengan kendaraan roda dua pengunjung,

“Saya tadi hampir tidak dapat tempat parkir terutama di pemandian Nganget pagi tadi karena banyaknya pengunjung,” Kata Ajib pengunjung dari Malang.

Baca Juga :  PAC PPP Bubulan Klarifikasi Soal LPJ Muscab DPC PPP

Dilokasi wisata Sowan ini pengunjung bisa menikmati suasana sejuknya hutan, indahnya pasir putih yang ada didalam lokasi serta disamping mushola ada wahana baru yaitu Flying Bike.

Menurut Adib, pengunjung tadi kalau yang di Nganget banyak pengunjung karena kasiat air hangatnya.

Menurut legenda cerita rakyat, dulu tempat itu adalah tempat padepokan atau semacam pondok pesantren yang dibuat untuk menyebarkan agama islam oleh salah satu wali sembilan.

“Nah air hangatnya itu banyak dari cerita orang, bisa sebagai penyembuh banyak penyakit. Contohnya saya ini, dulu karena saya kena stroke dengan sering berkunjung sekarang saya bisa berjalan sendiri,” katanya. Pertama kali datang ke Nganget ini dia terpaksa dia ditandu beberapa orang, tambahnya.

(met)