oleh

Memahami Pancasila Sebagai Dasar Negara

BOJONEGORO. Netpitu.com – Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR RI. H. Abidin Fikri, S,H., M,H. mengajak masyarakat untuk memperkuat pemahaman sejarah mengenai Lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945.

Pesan itu ia sampaikan di hadapan ratusan masyarakat dari Komunitas Jas Merah dalam agenda Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Bale Rakyat Desa Mandiri, Kelurahan Sumbang, Bojonegoro, Minggu, (01/07/2018).

“Dengan memahami sejarah Pancasila kita akan memahami niatan para pendiri bangsa yang sangat luhur mengenai persatuan dan kesatuan bangsa”, tegas PLT Ketua DPC PDI Perjuangan Bojonegoro itu.

Penggali Pancasila, yaitu Bung Karno menyampaikan gagasannya di hadapan sidang BPUPK pada 1 Juni 1945 yang agendanya membahas dasar negara. Bung Karno menyampaikan lima prinsip dasar falsafah Indonesia merdeka yaitu Pancasila,” jelas Abidin.

“Sebagaimana disampaikan Bung Karno, dasar Negara yang kita butuhkan ialah pertama, harus satu dasar yang mempersatukan. Kedua, satu dasar yang memberi arah bagi perikehidupan Negara kita itu. Katakanlah dasar statis, di atas mana kita bisa hidup bersatu dan dasar dinamis ke arah kita harus berjalan, juga sebagai Negara,” papar Abidin.

Menurut Abidin, kini tugas dan tanggung jawab kita adalah, bagaimana persatuan dan kesatuan menjadi suasana batin yang hidup dalam bermasyarakat. Karena hanya dalam suasana persatuanlah kita dapat membangun tatanan masyarakat adil dan makmur.

 

(*)