oleh

Kelompok SangRupa Gelar Pemeran Lukisan di Gedung PCK

BOJONEGORO. Netpitu.com – Komunitas SangRupa Bojonegoro, Sabtu (2/8/2019) malam ini menggelar pameran lukisan, di gedung PCK, Jalan Sawunggaling, Bojonegoro.

Ada beberapa lukisan karya seniman Bojonegoro yang mewarnai dinding etalase yang dipajang di bekas gedung Polisi hutan itu. Diantaranya lukisan yang diberi judul “The Tengul” karya Handoko Sumahan, yang dikenal sebagai pelukis beraliran surealis.

Pelukis Handoko Sumahan dengan lukisannya yang diberi judul “The Wayang Tengul”.

Lukisan The Wayang Tengul menurut Handoko Sumahan, pernah dipamerkan di Dallas, Amerika, pada akhir 2017 lalu.

Baca Juga :  KAI Sediakan Layanan Test Covid GeNose di Stasiun Bojonegoro

“Saat itu saya mewakili Dewan Kesenian Jawa timur,” terang Handoko.

The Tengul adalah lukisan yang menggambarkan budaya lokal Bojonegoro yang dianggap paling menonjol. Lantaran wayang tengul sebagai seni pertunjukkan wayang, produk wayangnya dibuat oleh warga Bojonegoro sendiri.

Selain the tengul, Pelukis senior Bojonegoro ini juga menyuguhkan satu karya terbarunya yang diberi judul ” orang tua dan gerabah “.

Baca Juga :  Sedulur Silat Bojonegoro Bareng Bagikan Takjil Pada Pengguna Jalan
Handoko Sumahan bersama karya lukisnya yang diberi judul ” Perempuan Tua dan Gerabah “.

Lukisan ini menggambarkan seorang perempuan tua Desa yang tengah membuat kerajinan gerabah ” celengan bebek “. Sang perempuan tua nampak istikhomah dengan pekerjaan yang digelutinya sebagai pengrajin gerabah hingga akhir masa hidupnya.

Dilokasi pameran, anggota Dewan Riset Daerah Bojonegoro, Dani Elhadi, saat dikonfirmasi netpitu.com mengatakan pihaknya sengaja datang ke lokasi pameran untuk melihat potensi sekaligus mencari masukan dari para kelompok penggiat seni kreatif di Bojonegoro.

Baca Juga :  SKln Dan IOF Pengcab Bojonegoro Berbagi 530 Paket Ramadhan
Dani Elhadi, anggota Dewan Riset Daerah ( DRD) Bojonegoro, bidang ekonomi kreatif.

“Apa yang dibutuhkan mereka dalam pengembangan seni kreatif di Bojonegoro kami mencoba menggali dan mengkaji untuk kemudian kami rekomendasikan kepada pemerintah ( kabupaten ),” ungkap Dani Elhadi, di gedung PCK, Sabtu, (2/8/2019).

(on/ro)