oleh

Arief Budiman Berharap Bojonegoro Sumbang Catatan Baik Pimilukada 2018

BOJONEGORO. Netpitu.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum, Arief Budiman, berharap Kabupaten Bojonegro sebagai salah satu Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2018 di 171 Kabupaten/Kota, mampu menyelenggarakan proses demokrasi yang positif, dan menyuguhkan citra yang bagus dari pelksanaan demokrasi. Sehingga memberikan kontribusi posisitif untuk perkembangan politik demokasi dari dalam negeri.

Dikatakan Ketua KPU Pusat, Arief Budiman, saat melakuan sosialisasi tahapan Pilkada Serentak 2018 di Hotel Dewarna, Bojonegoro, Jum’at, (1/12), Bojonegoro menjadi penting dalam kontribusinya dalam penyelenggaraan Pemilikada 2018. Apakah potret pemilihan Bupati dan Wakil bupati (Bojonegoro) dapat memberikan perkembangan politik demokrasi, bukan hanya di dalam negeri tapi juga di dunia Internasional.

Menurut Arief, sebagai catatan penting bahwa pelaksanaan Pemilu 2014 Indonesia mendapatkan apreasi postif baik dalam mau pun luar negeri. Kalau sebelumnya, pada pemilu 1999 hingga tahun 2009 orang luar negeri datang ke Indonesia untuk membantu Indonesia pada pelaksanaan demokrasi Indonesia agar lebih baik.

Namun saat ini kebalikanya orang luar negeri (asing) datang ke Indonesia bukan untuk membantu proses demokrasi di Indonesia melainkan mereka belajar jalannya proses Pemilu demokrasi di Indonesia.

“Nah Bojonegoro akan menjadi salah satu penyumbang, apakah kita akan membuat catatan baik terhadap pelaksanaan Pemilu Indonesia ataukah sebaliknya akan memberi catatan buruk terhadap pelaksanaan Pemilu Indonesia,” ujar Ketua KPU, Arief Budiman.

Maka ia berharap dalam proses pemilihan Bupati dan Wakil Bojonegoro ini nantinya Bojonegoro dapat memberikan citra yang positif untuk pelaksanaan demokrasi di dalam Negeri. Ia juga mengingatkan pada penyelenggara KPU Bojonegoro agar pengelolaan anggaran lebih transparan dan diumumkan ke masyarakat tentang besaran anggaran dan penggunaannya.

Sementara itu, Ketua KPUD Bojonegoro, A. Munif, menjelaskan bahwa pemilihan Bupati-Wakil Bupati Bojonegoro merupakan pemilihan langsung oleh rakyat ketiga kalinya. Sejak diselenggarakannya Pilkada Langsung kegiatan berjalan lancar sehingga diharapkan untuk pemilihan Bupati-Wakil bupati Bojonegoro Tahun 2018 juga dapat berjalan lancar dan kondusif.

Acara lounching tahapan pemilihan Bupati-Wakil Bupati Bojonegoro 2018 ini dihadiri seluruh PPS, Panwascam, Ketua Parpol, Koramil, Kapolsek se Kabupaten Bojonegoro dan Kepala Dinas terkait.

( Dan )