Pacu Inovasi Pengelolaan Kompetensi ASN, Bupati Teken MoU Dengan LAN

- Tim

Selasa, 3 April 2018 - 21:00

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Pemerintah Kabupaten Tuban melaksanakan penandatanganan Nota kesepahaman (MoU) peningkatan kapasitas administrasi pemerintahan dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Selasa (3/4/18) bertempat di Aula Kantor LAN, Jl. Veteran No. 10 Jakarta Pusat.

Selain Kabupaten Tuban, penandatanganan MoU ini dilakukan juga antara LAN dengan Kota Probolinggo, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Banggai dan Kabupaten Agam.  

Dalam kerjasama ini nantinya LAN akan memberikan dukungan pengembangan administrasi Negara yang merupakan lingkup dan fungsi LAN terkait pendidikan dan pelatihan, pengembangan inovasi administrasi Negara serta kajian kebijakan.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto mengatakan, Nota Kesepahaman ini akan menjadi dasar kerjasama yang dilakukan pemerintah Kabupaten/kota dengan LAN tidak hanya Pengembangan Inovasi Administrasi Negara saja tetapi juga dalam Pengelolaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara dan riset kebijakan public.

“Nota Kesepahaman Bersama ini memiliki nilai strategis karena setiap unit kerja akan ikut terlibat aktif dalam pelaksanaannya untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Janjikan Pembangunan Sport Centre Tuban Selesai Tepat Waktu

Menurut Kepala LAN, pada dasarnya Daerah yang melaksanakan MoU dengan LAN bukanlah yang Pemerintah Kabupaten atau Kotanya tidak memiliki inovasi, tetapi inovasi yang dimiliki tidak boleh berhenti dan harus terus dikembangkan sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.

“Kelima Kepala Daerah ini adalah pemimpin yang memiliki inovasi di daerahnya masing-masing, kehadiran LAN di Kabupaten atau kota nantinya bukan dalam rangka mengajari tetapi bersama-sama mencari terobosan dan inovasi” Tambahnya. 

Saat ini adalah eranya Competitif Zone, bukan mempertahankan Zona nyaman saja, karena dengan keterbatasan kadang lebih dapat menghadirkan inovasi, dan ke-serba adaan  malah menjadikan terlena.

“Sekarang saatnya melawan tantangan zaman dengan inovasi, tugas sebagai pemimpin saat ini adalah memberikan ruang seluas-luasnya untuk Inovasi terutama kepada para pemuda zaman now”. tegasnya.

Kepala LAN berharap, Nota Kesepahaman bersama ini manjadi ikhtiar bersama meningkatkan performa kinerja pemerintah daerah sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Baca Juga :  PT Semen Indonesia Bagikan 10 Ribu Paket Sembako Via Baznas

“MOU ini diharapkan mampu mendukung perubahan layanan publik yang lebih baik di tiap pemerintah daerah. Termasuk mampu mendorong munculnya inovasi-inovasi baru di bidang pelayanan publik.” Harapnya.

Sementara itu, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengucapkan terima kasih atas terpilihnyanya Kabupaten Tuban sebagai salah satu Pemerintah Daerah yang melaksanakan MOU dengan LAN terkait Inovasi.

“MOU ini sudah saya harapkan sejak lama, semoga dapat berjalan dengan baik” Ujar Bupati.

Kabupaten Tuban dengan brand Bumi Wali, menurut Bupati adalah kota kecil yang memiliki banyak tantangan dalam hal pelayanan publik, dengan Luas wilayah 1800 kilometer persegi dan jumlah pendiuduk 1,3 Juta jiwa, tentu tidak bisa hanya befikir secara normatif tetapi harus ada inovasi.

“Untuk itu, tahun lalu saya mewajibkan semua OPD di Kabupaten Tuban untuk memiliki Inovasi, tanpa inovasi tidak mungkin permasalahan saat ini bisa terselesaikan, tetapi tentu inovasi harus terus diawasi agar lebih maksimal” ujarnya.

Baca Juga :  SAR Brimob Polda Jatim Siapkan Posko Satgas Operasi Kontijen Aman Nusa

Di Kabupaten Tuban sendiri ada beberapa inovasi unggulan, salah satunya penerapan pertanian terintegrasi, menggabungkan pertanian dan peternakan, memaksimalkan potensi yang ada, hal ini menghantarkan hasil jagung di Kabupaten Tuban menjadi tertinggi di Jawa Timur dan jumlah ternak nomor dua di jawa timur.

Besar harapannya penerapan MoU ini segera dapat di wujudkan secara konkret, terutama dalam membimbing SDM di Kabupaten Tuban menjadi berkualitas dan selalu berinovasi serta mengedepakan efektifitas dan efisiensi.

“Kedepan kita prioritaskan anggaran untuk pelatihan-pelatihan untuk peningkatan SDM ASN di Kabupaten Tuban yang berkualitas.” Pungkasnya. 

Dalam kegiatan Penandatanganan MoU ini Bupati Tuban didampingi oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Tuban, Drs. M. Mahmud, M.Si dan Kepala Bagian Hukum Setda Tuban, Arif Handoyo, SH.

(gio) 

Berita Terkait

Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media
Pameran Bonsai Dan Edukasi Bonsai di MCM