oleh

Lawan Covid-19 Kemenag Hentikan Layanan Permohonan Akad Nikah

JAKARTA. Netpitu.com – Kementerian Agama mulai 2 April 2020 menghentikan layanan permohonan akad pernikahan. Penghentian layanan akad nikah tersebut merujuk surat edaran nomor : P-003/DJ.lll/Hk.00.7/04/2020, tentang Pelaksanaan Protokol Penanganan Covid-19 pada Area Publik di lingkungan direktorat jenderal bimbingan masyarakat Islam.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, dalam edaranya menyebutkan bahwa permohonan akad nikah di masa darurat Covid-19 untuk pendaftaran baru tidak dilayani serta meminta masyarakat menunda pelaksananaannya.

Baca Juga :  Bakesbangpol Segera Cairkan Dana Banpol Partai Rp. 1,17 M

Pelaksanaan akad nikah hanya dilayani bagi calon pengantin yang sudah mendaftarkan diri sebelum tanggal 1 April 2020.

Selain menutup pelayanan permohonan akad nikah, Dirjen Bimas Kemenag juga meniadakan pelaksanaan akad nikah diluar KUA dan meminta masyarakat mengganti pelaksanaan akad nikah di KUA.

Sementara itu Dirjen Bimas Islam juga melarang petugas pencatat nikah ( Penghulu ) untuk melakukan akad nikah secara online, video converence, video call atau penggunaan aplikasi berbasis web lain.

Baca Juga :  Jaring Bibit Atlet, Dinas Pendidikan Bojonegoro Gelar KOSN Tingkat SD Dan SMP

Lebih lanjut disebutkan dalam surat edaran tersebut, jumlah orang yang mengikuti prosesi oernikahan di KUA tidak lebih dari 10 orang dalam satu ruang.

Selanjutnya petugas layanan diminta untuk menolak layanan akad nikah diluar ketentuan yang sudah ditetapkan dalam mengatasi penyebaran Covid-19.

(yon)