oleh

Wabup Noor Nahar Kukuhkan Destana Desa Leran Wetan

TUBAN. Netpitu.com – Setelah beberapa waktu lalu dikunjungi Bupati Tuban, giliran Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., meninjau kondisi desa Leran Wetan, Palang, Jumat (03/07/2020).

Didampingi Kepala Pelaksana BPBD Tuban; Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Wabup Tuban mengukuhkan pengurus Desa Tangguh Bencana (Destana) Leran Wetan.

Dalam arahannya, Wabup Tuban menyampaikan desa Leran Wetan terutama pasarnya menjadi klaster penyebaran Covid-19 tersebar di kecamatan Palang. Kurang lebih 26 persen dari seluruh pasien positif Covid-19 di Kabupaten berasal dari kecamatan Palang.

“Karenanya, anggota Destana harus melipatgandakan dan memaksimalkan usaha untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di desanya,” ungkapnya.

Wabup Tuban menerangkan penyebaran virus Corona sangat cepat dan mudah ditularkan. Penularan 80 persen melalui droplet manusia. Di samping itu, virus Corona ini mampu menyerang semua masyarakat dari berbagai jenjang umur dan sangat berbahaya apabila menjangkiti warga dengan usia rentan dan memiliki riwayat penyakit.

Lebih lanjut, pencegahan penyebaran Covid-19 perlu kedisiplinan dan dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat. Tanpa dukungan dan perhatian masyarakat, upaya yang telah ditempuh selama ini akan sia-sia.

“Saya berpesan terutama kepada pemuda di kecamatan Palang agar lebih berhati-hati agar tidak menjadi pembawa virus Corona,” sambungnya. Upaya yang dilakukan diantaranya menggunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Sementara itu, Kepala Desa Leran Wetan, Budi Utomo mengatakan pasca ditetapkan sebagai klaster penyebaran Covid-19, pasar Leran Wetan sempat ditutup 4 hari untuk dilakukan penyemprotan disinfektan. Selanjutnya, dilakukan penataan lokasi penjual dengan diberi jarak.

“Penjual dan pembeli diharuskan menggunakan masker,” ujarnya.

Tampak hadir pula pada kegiatan ini, Camat bersama Forkopimka Palang; Kepala Puskesmas Palang dan Sumurgung; serta Kepala Desa se-kecamatan Palang.

(met)