oleh

Antisippasi Bencana Polres Tuban Gelar Rakor Penanggulangan Bencana

TUBAN. Netpitu.com – Lokasi wilayah Kabupaten Tuban yang dekat dengan pantai Utara termasuk ikut 10 kategori bencana alam yang di peraturan daerah gempa dan tsunami pun belum termasuk walau ada lempengan dua di Tuban yang potensinya kecil jika terjadi tsunami namun gempa bisa terjadi di mana mana. Kata Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, S.H., S.I.K, M.Si demikian saat disampaikannya di gedung Serba Guna Polres Tuban, Rabu, (03/10/2018).

Agenda Rapat Koordinasi Antisipasi Penanggulangan Bencana Alam yang diagendakan siang tadi di gedung tersebut dihadiri oleh Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Nur Wicahyanto, S.E, Kepala BPBD Tuban Drs. Joko Ludiyono; PJU Polres Tuban; Kapolsek jajaran Polres Tuban; Kepala Dinas terkait Pemkab Tuban, kepala atau Pimpinan BUMN di Tuban serta Kepala BMKG Kaliuntu Jenu.

Pada kesempatan itu Dandim Nur Wicahyanto mengatakan Ini suatu inisiatif yang luar biasa kepada Kapolres Tuban, karena sebagai perhatian kita semua penanggulangan bencana alam;

“Untuk itu kaita berfikir bersama terkait antisipasi bencana khususnya di wilayah Tuban mengingat setiap wilayah memiliki kerawanan yang berbeda-beda. Hal ini guna mengambil langkah yang tepat antara instansi guna menentukan tindakan yang diambil pada saat bencana terjadi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala BPBD Tuban, Drs. Joko Ludiyono menyampaikan terima kasih kepada Polres Tuban yang mengadakan kegiatan rakor ini mengingat beberapa pentingnya antisipasi bencana khususnya untuk wilayah Kabupaten Tuban.

“Untuk itu kita adakan segera rakor selanjutnya dengan mengundang para stakeholder guna tindak lanjut antisipasi terjadinya bencana sesuai dengan perka termasuk juga simulasi apabila perlu dilaksanakan,” ungkapnya.

Menurutnya lagi yang perlu segera ditindak lanjutkan adalah pembahasan Rencana latihan dan tim penanggulangan Bencana di Kabupaten Tuban.

Dalam rapat tersebut Kapolres Tuban menambahkan selain mengucapkan terima kasih kepada semua instansi yang terkait atas kehadirannya di rapat rakor antisipasi bencana alam yang diadakan di Polres Tuban.

“Selama ini belum ada petunjuk dari pimpinan tapi saya menetralisir kejadian yang ada Lokasi kita di Tuban di jajaran Polda Jatim Polres yang dekat dengan daerah pantai di jajaran Polda Jatim yaitu Polres Tuban, Pacitan Probolinggo Kota dan KP3,” ujarnya.

Dia menghimbau kepada semua peserta rapat yang hadir akan perlunya untuk melakukan untuk saat ini adalah berupa tataran dan strategis untuk Polri dan TNI harus bagaimana jika terjadi bencana alam agar bisa membantu masyarakat.

Dari hasil rapat tersebut mereka menyimpulkan beberapa hal yang menjadi prioritas diantaranya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, menyelaraskan peraturan perundang-undangan yang sudah ada serta menjamin terselenggaranya penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh.

(met)