oleh

PT. KAI – Pemkab Bojonegoro Teken MoU Perkeretaapian Perkotaan

BOJONEGORO. Netpitu.com – Tingkatkan Pelayanan Publik di bidang Perkeretaapian di Bojonegoro, Provinsi Jawa timur, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jumat (4/1/2019).

Mou yang memuat tentang rencana kerja sama pengembangan Perkeretaapian perkotaan di Bojonegoro tersebut ditanda tangani oleh Direktur Utama KAI, Edy Sukmoro dan Bupati Bojonegoro Hj. Anna Mauawanah, dikantor Bupati, Jl. P. Mas Tumapel, No 1, Kota Bojonegoro.

Kerja sama yang dimaksud mencakup pengembangan Perkeretaapian perkotaan, pengembangan kawasan yang terintergrasi dengan perkeretaapian perkotaan, dan penyusunan study kelayakan /feasibility study. Nota Kesepahaman berlaku selama 2 (dua) tahun sejak ditanda tangani.

Baca Juga :  PT. ADS Serahkan Dana CSR Untuk Pengadaan Perangkat INCAR Kepada Polres Bojonegoro

Melalui MoU ini, menurut Edy Sukmono, KAI dan Pemkab Bojonegoro akan mengembangkan potensi angkutan barang dan angkutan penumpang yang ada di wilayah Bojonegoro.

KAI menilai jika memang kebutuhan masyarakat akan kereta barang dan penumpang tinggi maka tidak menutup kemungkinan kereta tersebut akan di operasikan.

Selain itu Pemkab Bojonegoro juga berencana memanfaatkan aset KAI untuk keperluan pembangunan ruang terbuka hijau. Selanjutnya Kai dan Pemkab Bojonegoro akan bersama -sama mencari solusi atas terus tumbuhnya pelintasan sebidang sehingga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, tutur direktur PT. KAI, Edy Sukmono.

Baca Juga :  Koperasi UMKM Tirto Bengawan Sosrodilogo Bangkitkan Kreativitas dan Pengembangan Usaha di Masa Pandemi

Sebelumnya pada suatu kesempatan di Pendopo Kecamatan Trucuk, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, menginginkan ada angkutan barang Kereta Api. Mengingat Bojonegoro sebagai daerah penghasil peratanian dan ternak Sapi terbesar di Jawa timur.

” Dulu jaman saya masih kecil, setiap hari melihat pedagang daun pisang ke Surabaya dengan naik kereta api barang. Dulu, Sapi-sapi dari Bojonegoro juga dikirim ke Jakarta melalui Kereta Api barang. Selain ongkosnya murah, juga ketepatan dan kecepatan waktu sampai di tempat tujuan pengiriman,” ujar Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, kala itu.

Baca Juga :  Siswi SMP Negeri 5 Bojonegoro Juara Favorit Lomba Sinden Dan Bowo Tingkat Nasional

Lantas, Anna pun ibgin suatu saat ada lagi kereta barang yang berhenti di Bojonegoro, agar barang- barang hasil pertanian dan hewan ternak Sapi dari Bojonegoro bisa diangkut lewat Kereta api,” harap Anna Muawanah lebih lanjut.

(dan)