oleh

Hingga Tahun 2030 Pemerintah Siapkan Dana Abadi Pendidikan Rp 400 Trilyun

Netizensatu.com – Pemerintah Pusat akan mengalokasi anggaran dana abadi yang khusus diperuntukkan pendidikan sebesar Rp 400 Trilun. Hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet paripirna di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (4/4/2017).
“Dana Abadi pendidikan ini nantinya digunakan untuk pendidikan. Kemarin kita hitung hingga 2030, kita akan mempunyai dana Abadi pendidikan sekitar Rp 400 triliun,” kata Jokowi.

Dana abadi pendidikan tersebut merupakan investasi jangka panjang. Sehingga, kata Jokowi, akan dialokasikan bagi masyarakat ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di luar negeri.

“Gede banget. Udah. Ya dipake untuk pendidikan bisa S2/S3 di luar negeri,” kata Jokowi.

Jokowi juga meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani mengelolanya agar tepat sasaran. Jangan sampai anggaran besar tersebut tak terpakai untuk hal tak berguna.

“Untuk Menteri Keuangan ini harus Sovereign Wealth Fund (SWF) untuk pendidikan, jangan semua dihabiskan tapi nggak tepat guna. Ini harus disisihkan sehingga ada dana pendidikan yang besar, ini investasi jangka panjang untuk anak, cucu kita,” terangnya.

(Red/Kbr)