oleh

Nilai UN SD, SMP, SMA dan SMK Di Bojonegoro Tahun Ini Jeblok

BOJONEGORO. Netpitu.com – Nilai Ujian Nasional (UN) mengalami penurunan, tahun 2018 ini untuk tiga jenjang sekolah mulai Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Dasar di Kabupaten Bojonegoro hasil nilai UN mengalami penurunan dibandingkan tahun kemarin.

Untuk jenjang SD di Kabupaten Bojonegoro hasil nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD turun hingga 17.48 poin atau rata-rata turun 5,83 poin. Memang tahun ini hasil mengalami penurunan yang signifikan, ungkap Sukarni Kasi Kurikulum SD Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro

“Penurunan hasil nilai UN terjadi di semua mata pelajaran yang diujikan mulai mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia nilainya turun 7,16 poin, Matematika nilainya turun 7,93 poin dan IPA nilainya turun 2,93 poin dibandingkan tahun lalu”, jelas Sukarni.

Sukarni menambahkan, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan nilai UN tahun ini turun, selain soal HOTS, juga dipicu kurang maksimalnya guru dalam menguasai materi kurikulum yang diinginkan pemerintah.

Dengan melihat hasil itu, kini guru SD yang berada di Kecamatan mulai terpacu meningkatkan kualitas pembelajaran siswa agar SD yang berada di Kecamatan pinggiran tersebut, terlebih lagi guru SD tersebut sudah bisa membuat atau menyusun pembelajaran terhadap siswa dengan nyaman.

Sekadar diketahui bersama nilai UN SD di Bojonegoro tahun 2017 kemarin untuk mapel bahasa Indonesia mendapat 72,81 poin sedangkan tahun ini hanya 65,65 poin. Sedangkan mapel Matematika tahun 2017 lalu mencapai 72.26 poin namun tahun 2018 ini hanya mendapat 64.33 poin. Sementara, Mapel IPA tahun 2017 mendapat 77,13 poin, dan tahun 2018 ini mendapat 74.74 poin.

(pur)