oleh

Cucu Presiden Jokowi “Sedah Mirah Nasution” Siratkan Pesan Persatuan

JAKARTA. Netpitu.com – Sedah Mirah Nasution, memang hanyalah sekedar nama. Tetapi deretan nama Sedah Mirah Nasution bukanlah sekedar nama yang ditempel begitu saja pada diri sang jabang bayi.

Si jabang bayi yang lahir pada hari Rabu Pon, Tanggal 1 Agustus 2018, Pukul 05.50 Wib, dengan berat badan 3,4 gram dan panjang 49 cm, itu seperti mengemban sebuah misi besar yang dipikulnya.

Sedah Mirah berarti kecantikan yang berbalut dengan keanggunan dan budi pekerti luhur, sedangkan Nasution adalah nama marga salah satu keluarga suku Batak.

Sang orang tua, Kahiyang Ayu, yang berasal dari suku Jawa dan Bobby Nasution berasal dari suku Batak, seakan ingin mengirim pesan mendalam tentang siapa jati diri si jabang bayi ini.

Bahwa tidak ada perbedaan antara manusia satu dengan yang lain. Tidak ada yang membedakan antara suku A dan suku B. Pesan terpentingnya adalah Persatuan, tidak ada yang bisa menghalangi berbaurnya suku berbeda untuk terikat dalam satu tali perkawinan, membentuk keluarga baru.

Ini juga menunjukkan betapa tingginya toleransi dan keberagaman bangsa ini, yang terikat dalam satu wadah, satu darah, satu bangsa, bangsa Indonesia.

Nama Sedah Mirah sebenarnya cukup populer bagi mereka yang paham sejarah Keraton Surakarta. Karena mirip dengan nama istri Paku Buwana IX, Raja Keraton Surakarta, yang memiliki nama lengkap Kanjeng Bendoro Raden Ayu (BRA) Adipati Sedah Mirah.

Sedah Mirah merupakan pujangga ayu sekaligus selir pertama Paku Buwana IX., yang dikenal sebagai penulis kitab Ponconiti.

Ratu Sedah Mirah disebut-sebut merupakan sosok putri yang anggun dan cantik semasa hidupnya. Ia begitu dikenal oleh sebagian masyarakat di sekitaran Surakarta, Jawa Tengah.

Terbukti sampai kini makam Sedah Mirah yang berada di Kompleks Petilasan Keraton Kasunanan Kartasura kerap didatangi banyak wisatawan. Makam Sedah Mirah terletak di Astana Wanakerta (petilasan Keraton Kartasura).

Kahiyang Ayu sendiri mengatakan bahwa nama Sedah Mirah Nasution diambil dari bahasa Jawa dan nama marga Bobby.

Hal itu disampaikannya bersama suami, Bobby Nasution di RS YPK Mandiri Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018).

“Artinya, semoga putri kami menjadi putri yang menawan, yang solehah dan dermaaan bagi orang-orang sekitar. Amin,” ungkap Kahiyang dengan raut bahagia.

Kahiyang mengungkapkan Sedah Mirah itu memilik arti menjadi anak yang menawan, Solehah dan dermawan bagi semua orang.

“Itu doa kami, semoga menjadi dermawan bagi orang-orang di sekitarnya. Amin,” kata Kahiyang di Rumah Sakit YPK Menteng, Jakarta, Jumat (3/8).

(ams)