oleh

Satu Lagi, Ditemukan Gua Baru di Semanding, Tuban

TUBAN. Netpitu.com – Satu lagi, Sebuah Gua ditemukan di Desa Jadi, Dusun Krajan, RT. 04, RW. 08, Kabupaten Tuban. Gua yang letaknya berasa di perut bumi itu ditemukan oleh Totok Sugiyanto bin Sayu (24).

Penemuan gua tersebut berawal dari kegiatan Totok Sugiyanto yang sehari- harinya bekerja sebagai pembuat bayu kumbung di lahan miliknya sendiri.

Pada Kamis (2/8) sekitar pukul16.00 Wib, ketika Totok tengah bekerja memotong batu kumbung, tiba tiba dasar lantai batu kumbung miliknya semburan angin kencang.

Penasaran dengan peristiwa tak biasanya tersebut, Totok mencari sumber datangnya angin. Setelah diketemukan asal semburan angin yang berasal dari dalam tanah. Totok pun ingin melihat lebih jauh apa yang terjadi di dalam lobang tanah tersebut.

Setelah dilihat ternyata terdapat lubang dengan kedalamam 8 meter. Kemudian dengan memakai tangga bambu Totok turun kebawah. Sesampai di bawah Totok melihat adanya ruangan kosong yang sangat luas.

Ia pun memulai perjalanan menelusuri lorong gua yang panjangnya sekitar 200 meter. Namun ditengah perjalanan, Totok harus kembali naik ke atas karena tiba tiba ia merasakan sesak dan tidak bisa bernafas lantaran kurangnya oksigen.

Menurut Totok, di dalam gua tersebut ia mendapati sebuah tulisan arab yang yang di dinding gua, dan juga sebuah ukiran yang ada di dinding sisi gua. Selain itu, Totok juga menemukan asanya srbuah payung yang berbentuk tangan.

Untuk mengamankan gua tersebut dari serbuan warga yang ingin melihat, Polsek Semanding yang mendapat laporan tentang penemuan gua tersebut langsung memasang garis batas police line.

(gio)