Selamatkan Sumber Mata Air Brubulan, RPS Tanam 1000 Pohon

- Tim

Selasa, 5 Maret 2019 - 14:24

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Selamatkan Sumber Mata Air Brubulan, RPS Tanam 1000 Pohon. Selasa (5/3/2019).

Selamatkan Sumber Mata Air Brubulan, RPS Tanam 1000 Pohon. Selasa (5/3/2019).

TUBAN. Netpitu.com – Demi menyelamatkan sumber mata air Sendang Brubulan di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban, Jawa Timur menanam 1.000 pohon yang mayoritas dari tanaman jenis buah-buahan.

Aksi penghijauan tersebut lasngsung didukung dan didatangi Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein dan beberapa stakeholder perusahaan, serta tamu undangan. 

“Tanam pohon menjadi agenda wajib bagi warga kami karena alam di Bumi Wali harus dihijaukan,” ujar Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda kepada netpitu.com, Selasa (5/3/2019).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Adapun jenis pohon yang ditanam kali ini yaitu Jambu Kristal, Sirsak dan tanaman Nangka. Harapannya dampak jangka panjangnya, jambu karstal bisa menjadi ikon dan daya tarik bagi wisatawan ke sendang yang kini dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. 

Baca Juga :  Peringati Hari Jadi ke 726 Pemkab Tuban Serahkan Pengharagaan Pada 90 Warga Berprestasi

Selama ini organisasi wartawan yang bermarkas di kantor Balai Wartawan di Jalan Pramuka No. 1, tak pernah mengabaikan kelestarian lingkungan. Bersinergi dengan stakeholder meliputi beberapa perusahaan dan Mangrove Center Tuban (MCT) Jenu, RPS terus mendukung program pemerintah dengan menanam pohon. 

“Karena kami sadar manusia hidup tak bisa lepas dari alam. Maka kita punya kewajiban menjaganya,” terangnya, Ketua RPS Huda, ketika bertemu media ini.

Ketua Pokdarwis Jadi, Suko Pamuji Gunawan, mendukung tujuan RPS menyelamatkan sumber mata air Brubulan. Sinergi ini diharapkan bisa menjadikan Desa Jadi tidak kekurangan air lqgi. 

“Air harus kita jaga, kalau sampai habis kelak kita akan beli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” sambungnya. 

Baca Juga :  Gandeng PAPPRI, PAMMI dan Dewan Kesenian Tuban, KPU Ajak Tidak Golput

Kades Jadi, Munir, menambahkan Brubulan merupakan awal destinasi wisata yang diplot desa. Tahun ini sudah dianggarakan di APBDes untuk jalan masuk. 

“Pelan-pelan kita benahi Sendang Brubulan ini. Dengan harapan OPD dan stakeholder lainnya ikut membantu,” imbuhnya.

Sebelum tanam pohon, juga dilakukan penandatanganan komitmen untuk pemeliharaan yang ditanamn hari ini kerjasama yang langsung diteken oleh Ketua RPS, Wabup Tuban, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ketua Mangrove Center Tuban, Kepala Desa Jadi, dan Ketua Pokdarwis setempat.

“Tujuannya supaya tak sekedar menanam pohon, tapi juga ada tanggungjawab merawatnya,” ungkap . 

Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, menilai tujuan tanam pohon ini sangat luar biasa. Konservasi ini harus ada tindakan selanjutnya, supaya niat menanam tidak sia-sia. Semua pihak harus telaten, serius, dan bahu-membahu. 

Baca Juga :  Wabup Tutup Kejurkab Bulutangkis Tuban

“Termasuk Perhutani juga harus ikut serta melestarikan alam khususnya Sendang Brubulan,” tambahnya. 

Akses utama di Brubulan juga harus diperhatikan. Bisa dialolasikan dari DD atau ADD. Pemdes perlu mengetahui, APBD Tuban sekarang sebanyak Rp2,4 Triliun. Rp1,1 Triliun untuk gaji rutin dan lain sebagaunya. Terakhir untuk belamja modal sekira Rp400-500 Miliar. 

Di Kecamatan Semanding potensi wisata alamnya banyak. Jika bendungan Jadi sudah jadi dipastikan menambah destinasi wisata, dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Disela acara juga digelar santunan 150 anak yatim dari tiga desa sekitar Sendang Brubulan. Meliputi Desa Jadi dan Boto Kecamatan Semanding, dan Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak.

(met)

Berita Terkait

Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media
Pameran Bonsai Dan Edukasi Bonsai di MCM