Wartawan Dianiaya Management Redaksi Dukung Langkah Hukum

- Tim

Kamis, 5 Juli 2018 - 17:23

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SURABAYA. Netpitu.com – Manajemen media online beritajatim.com mendukung langkah hukum yang ditempuh Oryza A Wirawan –wartawan beritajatim.com di Kabupaten Jember– setelah mengalami penganiayaan oleh oknum pemain dan ofisial PS Sindo Daraka. Penganiayaan terjadi saat Oryza meliput bertandingan antara PS Sindo Darala melawan Persid Jember, Rabu (4/7/2018) petang.

“Kami mengecam dan menyayangkan penganiayaan itu. Karena itu kami mendukung Mas Oryza melaporkan kasus ini ke aparat kepolisian. Semua pihak harus paham bahwa wartawan dalam menjalankan profesinya dilindungi UU,” tegas Pemimpin Redaksi beritajatim.com, Dwi Eko Lokononto di Surabaya, Kamis (5/7/2018).

Langkah hukum itu, kata Lucky Lokononto, menunjukkan pemahaman dan kesadaran hukum Oryza untuk menyelesaikan perkara yang menimpanya menurut aturan perundang-undangan yang ada. Langkah itu menjadi dasar aparat penegak hukum bisa segera menyelesaikan masalah ini dengan baik.

“Informasi dari Mas Oryza, kasus ini telah dilimpahkan oleh pihak kepolisian ke Denpom karena diduga ada oknum TNI yang terlibat. Kami menghargai kecepatan jajaran kepolisian dan TNI merespon penganiayaan yang dialami wartawan beritajatim.com. Semoga semua pemangku kepentingan bisa memetik pelajaran,” katanya.

Ditambahkan, jajaran petinggi TNI di Jember telah menemui dan meminta maaf pada Oryza atas penganiayaan yang terjadi. Dalam pertemuan itu, lanjutnya, telah ada komitmen untuk tetap mengusut tuntas kasus ini.

“Manajemen beritajatim.com tentu menghargai permintaan maaf dan komitmen untuk menuntaskan kasus ini. Komandan Brigif Raider 9 Jember, Letkol Inf Roby Suryadi menyatakan siap menindak oknum yang terlibat. Jangan sampai karena tinta setitik rusak susu sebelanga,” ujarnya.

Dijelaskan, setelah menerima informasi terjadinya penganiayaan terhadap Oryza, dia bersama Ainur Rohim (Direktur PT Beritajatim Cyber Media) langsung meluncur ke Jember untuk bertemu langsung dengan Oryza yang sedang menjalani perawatan di RS Jember Klinik.

Baca Juga :  KPK Tetapkan Ketua DPR RI Setyo Novanto Tersangka Korupsi E-KTP

Akibat penganiayaan itu, lanjutnya, Oryza masih harus menjalani perawatan di rumah sakit. Meski kondisinya telah membaik, Oryza masih kesulitan untuk berjalan kaki karena sakit pada pinggul kiri dan kaki kanannya akibat tendangan para pelaku.

“Untuk berjalan masih kesakitan. Untuk memastikan kadar cidera yang diderita telah dilakukan pemeriksaan medis yang lebih detail siang tadi. Kami masih menunggu hasilnya. Semoga tidak ada cidera yang serius dan kita doakan semoga Mas Oryza segera sembuh,” katanya.

Pada bagian lain, Ainur Rohim mengatakan, manajemen beritajatim.com menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, seperti PWI, AJI, IJTI, AMSI, SMSI, dan komunitas lainnya yang memberikan dukungan moral kepada Oryza dalam menghadapi masalah ini.

Baca Juga :  Geledah Kantor Inspektorat Kejaksaan Segel Ruang Prolap

Dukungan moral lewat aksi keprihatinan yang terjadi di berbagai kota, Lanjut Ainur, sangat bermakna bagi yang bersangkutan, beritajatim.com, dan masyarakat pers secara umum agar tetap konsisten menjalankan profesinya sesuai UU Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Lucky Lokononto menambahkan, Oryza adalah wartawan senior di beritajatim.com yang telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Kelas Utama dan sering mendapatkan penghargaan di berbagai lomba karya tulis, baik di level Jawa Timur dan nasional.

Oryza pernah menjadi juara I lomba karya jurnalistik Prapanca yang digelar PWI Jatim, juara di lomba karya jurnalistik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, penulis sejumlah buku, termasuk buku Pesta Bola Russia 2018.

[***]

Berita Terkait

Ketua Sarbumusi : Usulan Kenaikan Upah Apindo Tak Hargai Keringat Buruh
Mantan Camat Padangan Kembali Dihadirkan di Persidangan Dugaan Korupsi BKKD
Putusan Banding PT Tipikor Surabaya Bebaskan Shodikin Dari Dakwaan Primair JPU
Jual Proyek Fiktif Kades Kanten Dilaporkan Ke Polisi
Anwar Sholeh Serahkan Bukti Tambahan Kasus Dugaan Pemalsuan Data Otentik
Duit BOP TPQ Diduga Mengalir Ke Kantor Kemenag Untuk Ganti Cetak Piagam
Duit BOP TPQ Lari Kemana ? Ini Pengakuan Ketua FKTPQ
Pengadilan Negeri Bojonegoro Kampanyekan Zona Integritas WBK Dan WBBM

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00