oleh

2 Desa Di Bojonegoro Jadi Sasaran Seminar Unair

BOJONEGORO. Netpitu.com – Dengan menggandeng DPD LPM RI Kabupaten Bojonegoro sebagai fasilitator, Tim dari Unair Surabaya melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat dengan memberikan seminar di Desa Ngeringinrejo Kecamatan Kalitidu dan Desa Kasiman Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro.

Untuk tema di Desa Ngringinrejo, pihak Unair Surabaya mengambil Tema Disaster Risk Management, sedangkan Seminar di Desa Kasiman Tema yang disampaikan oleh Unair Surabaya adalah Local Community Sanitation. Acara yang tetap mematuhi Protokol Kesehatan tersebut dihadiri oleh Falih Suedi selaku Dekan FSIPOL Unair Surabaya dan Koen Inanto Uripan selaku konsultan WHO dan ahli bidang sanitasi total berbasis masyarakat.

Baca Juga :  Didanai DBH Cukai dan Tembakau, 10 Kelompok Tani Terima Bantuan Handtractor Dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peratanian

Kepala Desa Ngringinrejo, Endang Sri Wigati mengatakan, dengan adanya Seminar kali ini, masyarakat memiliki tambahan ilmu dan wawasan dalam menghadapi bencana. Hal tersebut dikarenakan Desa Ngringinrejo dekat dengan bantaran Sungai Bengawan Solo.

“Walaupun sekarang ini jarang terjadi bencana banjir, tapi wawasan dan ilmu yang disampaikan oleh Unair Surabaya sangat berguna sekali. Bencana itu bukan hanya banjir saja”, terang Kades Ngringinrejo.

Baca Juga :  Sebelas Tahun Netpitu Gelar Doa Tolak Bala'

Sementara itu, Kades Kasiman, Rahmat Gazali Dwianto mengungkapkan bahwa Desa Kasiman merupakan salah satu Desa yang paling barat di Bojonegoro dan berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah.

“Dengan Seminar pendidikan masyarakat sehat dalam upaya pemanfaatan jamban sehat dan berkelanjutan, masyarakat menjadi paham dan mengerti pentingnya memiliki jamban dalam setiap rumah”, ungkap Kades Kasiman.

Terpisah, Falih Suedi mengharapkan semoga kedepannya Kabupaten Bojonegoro menjadi sasaran program kemitraan masyarakat tidak hanya dua Desa saja, saya ingin untuk desa yang lainnya bisa menjadi kemitraan oleh Unair Surabaya, sehingga bisa meningkatkan SDM masyarakat demi kemajuan Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga :  Mau Pasang Implant Gigi Murah, Apa Kata Pakar Gigi Ini ?

Untuk diketahui bersama, bahwa Dekan FISIPOL Unair merupakan asli kelahiran Bojonegoro tepatnya Desa Kuncen Kecamatan Padangan. Acara seminar kali ini juga dikemas dengan santai dan penayangan video video materi serta diakhiri seminar diadakan pemberian hadiah atau kuis, untuk kuis menggunakan aplikasi Kahoot.

(Pur).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *