oleh

Madin Miftahul Huda Desa Genjor Layak Jadi Destinasi Wisata Edukasi

BOJONEGORO. Netpitu.com – Kepala Madrasah Ibtiadiyah Nurul Ulum (MIN) Bojonegoro, merasa puas dengan hasil kegiatan Pocitive Charackter Champ yang diselenggarakannya di Madrasah Diniyah Miftahul Huda, Desa Genjor, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro, Sabtu, (5/1/2019).

Menurut Kepala MINU Karakter Bojonegoro, Mujib, Madrasah Diniyah Miftahul Huda, Desa Genjor, layak dijadikan destinasi wisata educatif ( pendidikan).

Lantaran, disamping lokasinya yang ada di pelodok Desa, Madin Miftahul Huda juga memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang memadai untuk dijadikan wahana destinasi wisata pendidikan. Terutama untuk kegiatan pelatihan dan pendidikan karakter.

Disamping itu dukungan masyarakat yang sudah menyatu dengan lembaga Madin Miftahul huda nenjadi kekuatan tersendiri yang tidak bisa dijumpai disetiap tempat.

Baca Juga :  KANTONG BUDAYA

“Keramah-tamahannya, kebersamaan dan kegotong-royongnya sangat luar biasa. Inilah salah satu keunggulan yang dimiliki Madin Miftahul Huda, Desa Genjor ini,” jelas Mujib.

Dijelaskan Mujib, pada saat charackter champ siswa-siswi peserta program diwajibkan menginap di rumah warga Desa. Hal ini dimaksudkan melatih anak-anak bersosialisasi dengan warga masyarakat.

Disana mereka mempraktekan teori-teori pelajaran yang telah diajarkan di sekolah. Bagaimana mengeplementasikan hormat dan sopan santun kepada orang lain dan orang yang lebih tua, dan hidup berbagi dengan orang lain.

“Dan banyak lagi yang harus diterapkan siswa di lapangan. Intinya mereka mempraktekan pelajaran yang telah diperoleh disekolah dan merapkannya di lapangan,” jelas Mujib lebih lanjut.

Baca Juga :  Sampaikan Tuntutan, Banteng Merah Putih Datangi DPRD Bojonegoro

Dikatakan Mujib, MINU Karakter sudah beberapa kali melaksanakan program charackter champ di Madin Miftahl Huda.

Dipilihnya Madin Miftahul Huda karena di Madin tersebut memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang memadai dan memenuhi syarat untuk penerapan aplikasi pendidikan karakter yang diajarkan di sekolah.

Terpisah, Kepala Madrasah Diniyah Miftahul Huda, Desa Genjor, Kec. Sugihwaras, Bojonegoro, Pujiono, S.Pd, menerangkan bahwa lembaga yang dipimpinnya memang punya program pendidikan karakter.

Sehingga fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan karakter itu harus dipenuhinya meski madih relatif sederhana. Demikian pula dukungan dan partisipasi masyarakat sekitar Madin yang luar biasa dalam penyelenggaraan program pendidikan karakter ini.

Baca Juga :  Petaka Bingkisan Lebaran Bupati

“Inilah point pentingnya, karena keterlibatan masyarakat dalam charackter champ ini sangat dominan dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari program pelatihan pendidikan karakter,” jelas Pujiono.

Banyak lembaga pendidikan formal yang memanfaatkan Madin Miftahul Huda ini sebagai tempat untuk melaksanakan charackter building. Baik tibgkat SD, SMP, SLA, maupun Perguruan tinggi. Bahkan tahun lalu ada rombongan ratusan guru dari Pasuruan yang datang untuk pelatihan pendidikan karakter.

Diakui Pujiono, selama ini banyak lembaga dari luar kota yang melaksanakan kegiatan pendidikan karakter di Madinnya. Untuk lembaga pendidikan di Bojonegoro sendiri hanya ada beberapa, termasuk MINU Karakter Bojonegoro yang memang sudah menjadi langganan setiap tahunnya.

(ro)