oleh

USP SMK Bojonegoro Dilaksanakan 15 Hingga 22 Maret

BOJONEGORO. Netpitu.com – Setelah Ujian Nasional (UN) dihapus dan digantikan dengan Ujian Satuan Pendidikan (USP) sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan No 1 Tahun 2021. Untuk menentukan kelulusan siswa mulai tingkat SD, SMP, SMK dan SMA tahun ini, siswa wajib mengikuti USP.

“USP jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baik sekolah negeri maupun swasta di Kabupaten Bojonegoro akan diselenggarakan pada tanggal 15 hingga 22 Maret 2021 mendatang”, ujar Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Bojonegoro, Suyono, Kamis (04/03/2021).

Suyono menjelaskan, untuk pelaksanaan USP SMK di Bojonegoro tersebut berdasarkan rapat kerja Kepala SMK dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro Tuban bahwa secara serentak USP SMK akan dimulai tanggal 15 Maret mendatang.

“Pelaksanaan USP SMK akan memakai sistem Daring, hal tersebut dikarenakan Kabupaten Bojonegoro masih dalam Pandemi Corona, walaupun Kabupaten Bojonegoro sekarang ini Zona Kuning”, jelas Ketua MKKS SMK Bojonegoro.

Menurutnya, bila terjadi kendala teknis atau gangguan jaringan internet, siswa bisa mengikuti USP menggunakan ruang sekolah tetapi pihak sekolahan harus menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Terpisah, Mashadi selaku Ketua MKKS SMA Bojonegoro mengungkapkan, untuk USP SMA di Bojonegoro akan diselenggarakan pada tanggal 8 sampai dengan 19 Maret mendatang, jadi USP SMA di Bojonegoro lebih awal diselenggarakan dari USP SMK.

“Sesuai kesepakatan bersama dengan Kepala SMA se Kabupaten Bojonegoro, untuk pelaksanaan memakai sistem Luring jadi siswa hadir di sekolahan. Pelaksanaan USP SMA semua sekolah menerapkan tiga Sesi pelaksanaannya. Untuk Sesi pertama dimulai pada pukul 7 pagi”, pungkas Mashadi yang juga selaku Kepala SMA Negeri Dander.

(pur)