oleh

IB Gratis Untuk Sapi dan Kambing Petugas Dilarang Pungut Biaya Apapun

Netizensatu.com – Kabar baik bagi petani peternak sapi dan kambing lantaran per 1 April 2017 ini peternak bisa memperoleh sperma beku atau straw secara gratis. Tak cuma gratis sperma bekunya tetapi jasa suntik petugas IBIN pun juga gratis alias tidak bayar.

Program Pemerintah Pusat Upaya Khusus Sapi Betina Wajib Bunting ( Upsus Siwab ) ini bertujuan untuk memperbanyak jumlah populasi Sapi di Indonesia.

Kepala Dinas Peternakan dan perikanan Kabupaten Bojonegoro, Ardiyono, Kamis, ( 6/4), di aula Dinas Peternakan dan Perikanan, mengatakan workshop peningkatan kinerja sumber daya manusia pelayanan Inseminasi Buatan (IB) diarahkan untuk menyukseskan keberhasilan program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting ( upsus puwab ).

Kata Ardiyono, IB gratis mulai dilaunching 1 April 2017, dengan demikian sejaki awal April ini pelayanan IB diselenggarakan secara gratis dan petugas tidak diperkenankan menarik biaya jasa dan biaya lainnya. Semua sudah ditanggung pemerintah.

Jika ada petugas melakukan pungutan atau menerima biaya jasa pelayanan IB maka kepada petugas tersebut akan diberi sanksi tegas.

Populasi hewan ternak di Bojonegoro berkembang 201.756 ekor. Diantaranya terdapat betina produktif 81.000 ekor lebih. Untuk sapi wajib bunting ditarget 60.000 ekor dengan target kelahiran sapi anakan 2017 ini sebanyak 50.000 ekor.

Insenminasi Buatan kata Ardiyono, sudah berlangsung 40 tahun lebih. Karena adanya target betina produktif maka pemerintah hadir dengan menanggung dibiaya IB.

Ia berharap adanya jaminan ketersediaan N2 maupun strow, karena jika telat akan mempengaruhi keberhasilan program Upsus Puwab.

( Red/Dan )